KEJADIAN DEPRESI PADA REMAJA AKIBAT PERILAKU KECANDUAN BERMAIN GAME ONLINE

  • Michel Soeputra Bety(1)
    Universitas Nusa Cendana
  • Conrad Liab Hendricson Folamauk(2)
    Universitas Nusa Cendana
  • Idawati Trisno(3)
    Universitas Nusa Cendana
  • Sanguana M. J. Koamesah(4)
    Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author

Abstract

Perkembangan internet saat ini berkembang pesat dan menarik pengguna dari berbagai kalangan. Di Indonesia berdasarkan hasil survei APJII jumlah pengguna internet tahun 2017 adalah 143,2 juta jiwa (54,68%). Di Nusa Tenggara Timur berada di posisi ke-16 dengan total 3,38 juta pengguna internet. Berdasarkan data Newzoo (Global Games Market Report) pada tahun 2018, terdapat 2,3 miliar pemain game online di seluruh dunia Indonesia berada di peringkat ke-17 dunia dengan total sekitar 82 juta jiwa pengguna game online. Game online memiliki sifat seductive yang memikat serta membuat individu terlalu bersemangat untuk memainkannya yang berakibat pada perilaku adiktif atau kecanduan. Kecanduan game online membawa dampak negative baik secara fisik maupun psikologis. sehingga, peneliti tertarik untuk meneliti tentang apakah ada hubungan antara kecanduan bermain game online dengan depresi pada remaja.  Tujuan penelitian ini untuk  mengetahui ada atau tidaknya hubungan kecanduan bermain game online dengan depresi pada remaja. Metode penelitian ini merupakan penelitian observasional menggunakan metode survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini menggunakan kuesioner dengan satu kali pengukuran dan tidak dilakukan intervensi terhadap subyek yang diteliti. Teknik pengambilan Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yang bertujuan untuk mengambil sampel sesuai dengan kriteria inklusi dan ekslusi. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan rumus Lemeshow sehingga didapatkan besar sampel sebanyak 74. Dimana analisis yang digunakan pada penelitian ini menggunakan uji somers’d. Hasil penelitian dari 74 responden, didapatkansebanyak 35 respondenmengalamikecanduanringan dan sebanyak 25 respondenmengalamidepresisedang. Hasil uji somers’ddiperolehhasil p=0,038 dan nilai r=0,183. Kesimpulan penelitian ini terdapat hubungan yang signifikan antara hubungan kecanduan bermain game online dengan depresi pada remaja.

Downloads

Download data is not yet available.

References

1. Mulyani RD.Hubungan Antara Depresi Dan Kecanduan Online Game Pada Mahasiswa DiYogyakarta.2018;
2. APJII.Laporan Survei Internet APJII2019–2020.Asos Penyelenggara Jasa Internet Indones [Internet]. 2020;2020:1–146. Available from:https://apjii.or.id/survei
3. Newzoo.GlobalGameMarketReport[Internet].2018.Availablefrom:https://newzoo.com/global-games%02market-report.
4. Yonandi R, Nursalim M.Kecanduan Game Online (Profil Pecandu, Faktor Penyebab,dan Penaganannya). JBKUnesa [Internet].2020;765–72. Availablefrom:https://jurnal mahasiswa. unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/download/36008/32027
5. FitriE, Erwinda Lira, IfdilI.Konsep Adiksi Game Online dan Dampaknya terhadap Masalah Menta lEmosional Remaja Serta Peran Bimbingan Dan Konseling. JKonseling dan Pendidik. 2018Dec30;4(3):211–9.
6. Novrialdy E. Kecanduan Game Online pada Remaja: Dampak dan Pencegahannya. Bul Psikol. 2019;27(2):148.
7. Arby HA. Hubungan Antara Kecanduan Game Online Dengan Tingkat Depresi Pada Remaja di SMAN2 Bangkalan [Internet].UniversitasMuhammadiyahGresik;2020.Availablefrom:http://eprints.umg.ac.id/3898/
8. Nathasia J. Hubungan Kecanduan Online Game Dengan Depresi Pada Remaja Usia15-17Tahun di SMAK Frateran Surabaya Tahun 2016 [Internet]. Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya;2016.Availablefrom:http://repository.wima.ac.id/9211
9. HRHSC. Metodologi Penelitian Kesehatan dan Pendidikan. 1sted. Adriani A,editor.Yogyakarta: Peneba rMedia Pustaka;2018.
10. Rauf AA. Hubungan Kecanduan Game Online Dengan Tingkat Stres Pada Siswa SMA Negeri 5 di Samarinda [Internet].[Samarinda]: Politeknik Kesehatan Kalimantan Timur;2019 [cited2021Mar14]. Availablefrom: http://repository.poltekkes-kaltim. ac.id/197/7/SkripsiAdhan Repository.pdf
11. Guerada K.Impactof Online Gameson Children’s Mental Health.JLa Medihealtico. 2021;2 (1):13–9
12. Gradistia Bai F.Perbedaan Tingkat Kecanduan Game Online Pada Remaja Antar Gaya Pengasuhan [Internet]. Universitas Sanata Dhama Yogyakarta; 2015.Availablefrom:http://weekly.cnbnews.com/news/article.html?no=124000
13. Marryono JamunY. Dampak Teknologi Terhadap Pendidikan.2018;10(1):48–52.
14. Rekapitulasi Sekolah SMA Terkait, 2021
15. Santoso Y, Purnomo J. Hubungan Kecanduan Game Online Terhadap Penyesuaian Sosial Pada Remaja. Humaniora.2 017;4(1):27–44.
16. Miswanto, Armitasari, Muhazir. Kecanduan Game Online Ditinjau Dari Jenis Kelamin Laki-Lakidan Perempuan.…Semin Bimbing dan…[Internet].2020;(2009). Available from:http://conference.um.ac.id/index.php/bk2/article/view/79
17. Sorayah.Uji Validitas Konstruk Beck Depression Inventory-II(BDI-II).J Pengukuran Psikol dan Pendidik Indones.2014.
18. Indra CM, Dundu AE. Hubungan Kecanduan Internet Dengan Depresi Pada Pelajar Kelas XI Di SMA Negeri 9 Binsus Manado Tahun Ajaran 2018/2019.JMed dan Rehabil [Internet].2019;1(3):1–10.Availablefrom:https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jmr/article/download/22511/22202.
19. Ariani S. Hubungan Kecanduan Online Game Dengan Depresi Pada Remaja Laki-Laki Pengunjung Game Centredi Kelurahan Jebres. Universitas Sebelas Maret;2012.

PlumX Metrics

Published
2022-05-01
How to Cite
Bety, M., Folamauk, C. L., Trisno, I., & Koamesah, S. (2022). KEJADIAN DEPRESI PADA REMAJA AKIBAT PERILAKU KECANDUAN BERMAIN GAME ONLINE. Cendana Medical Journal, 10(1), 139-146. https://doi.org/10.35508/cmj.v10i1.6817

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.