Hubungan Antara Komunikasi Orang Tua Dengan Mahasiswa Terhadap Kecerdasan Emosional Pada Tahun Pertama Fakultas Kedokteran Undana

  • Indah Anggraini Lauwoe(1*)
    Universitas Nusa Cendana
  • Conrad Liab Hendricson Folamauk(2)
    Universitas Nusa Cendana
  • I Made Buddy Setiawan(3)
    Universitas Nusa Cendana
  • Dyah Gita Rambu Kareri(4)
    Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Parental Communication, Emotional Intelligence, First Year

Abstract

 

Latar Belakang: Kecerdasan emosional adalah kemampuan seseorang mengatur kehidupan emosinya dengan menjaga keselarasan emosi dan pengungkapannya melalui keterampilan pengendalian diri, motivasi diri, empati dan keterampilan sosial. Kecerdasan emosi pada remaja yang paling mendasar terbentuk berdasarkan bentuk hubungan yang terpola saat komunikasi dengan orang tua.

Tujuan: Menganalisis hubungan antara komunikasi orang tua dengan mahasiswa terhadap kecerdasan emosional pada tahun pertama Fakultas Kedokteran Undana 

Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode analitik observasional dengan rancangan cross sectional yang dilakukan pada mahasiswa tahun pertama di Fakultas Kedokteran Universitas Nusa Cendana. Teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling dengan sampel sebanyak 120 resoponden. Penelitian ini menggunakan kuesioner Parent-Adolescent Communication Scale (PACS) dan Trait Emotional Intelligence Questionnaire-Short Form (TEIQue-SF). Data akan dianalisis secara univariat dan bivariat menggunakan uji koefisien phi.

Hasil: Hasil uji menggunakan uji koefisien phi, tidak terdapat hubungan signifikan kecerdasan emosional dengan komunikasi ayah (p=0,44) dan komunikasi ibu (p=0,447).

Kesimpulan: Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara Komunikasi Orang Tua dengan Mahasiswa Terhadap Kecerdasan Emosional Pada Tahun Pertama Fakultas Kedokteran Undana

Kata Kunci: Komunikasi Orang Tua, Kecerdasan Emosional, Tahun Pertama

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA
1. Marsela PA, Dwidiyanti M. Gambaran tingkat kecerdasan emosi mahasiwa bidikmisi di departemen ilmu keperawatan. Jur Keperawatan. 2017;1–7.
2. Suardiantari LN, Rustika IM. Peran kecerdasan emosional dan efikasi diri terhadap problem focused coping pada mahasiswa preklinik Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. J Psikol Udayana. 2019;6(3):99–110.
3. Oktovia W, Zulharman, Risam D. Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Tingkat Stres Pada Mahasiswa Tahun Pertama Fakultas Kedokteran Universitas Riau. J Ilm Kesehat. 2012;2.
4. Wulandari D N. Hubungan Kecerdasan Emosional (Emotional Quotient) Terhadap Tingkat Stres Pada Mahasiswa Tahun Pertama Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Makassar. Skripsi [Internet]. 2017; Available from: https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/190-Full_Text.pdf
5. Kartini. Komunikasi Orang Tua Dalam Membangun Kecerdasan Emosional Dan Spritual Remaja Di Kecamatan Kebayakan Takengon Aceh Tengah. 2012;
6. Malihah Z, Alfiasari A. Perilaku Cyberbullying pada Remaja dan Kaitannya dengan Kontrol Diri dan Komunikasi Orang Tua. J Ilmu Kel dan Konsum. 2018;11(2):145–56.
7. Lekaviciene R, Antiniene D. High Emotional Intelligence: Family Psychosocial Factors. Procedia - Soc Behav Sci. 2016;217:609–17.
8. Naghavi F, Redzuan M. Relationship between Family Environment and Emotional Intelligence:Examination of the Moderating Factor. Life Sci J. 2012;67(12):2012.
9. Ramdhan RM. Hubungan Antara Komunikasi Orang Tua Dengan Kecerdasan Emosional Pada Usia 19-24 Tahun. Skripsi. 2020;
10. Latifah ‘Ainiyatul. Kecerdasan Santri Tunanetra Dalam Menghafal Al Qur’an (Studi Kasus pada Santri Tunanetra di Pondok Pesantren Tarbiyatul Qur’an Al Mannan Kauman Tulungagung). Skripsi. 2018;15–57.
11. Ahmadi A. Pengaruh Kecerdasan Emosional (EQ) Dan Kecerdasan Spiritual (SQ) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Mamba’Us Sholihin Sumber Sanankulon Blitar Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi. 2016;
12. Herlina L, Suwatno. Kecerdasan intelektual dan minat belajar sebagai determinan prestasi belajar siswa ( Intellectual intelligence and interest in learning as a determinant to student achievement ). J Pendidik Manaj PERKANTORAN. 2018;3(2):246–54.
13. Hanah S. Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Kinerja Karyawan RS. Pelni Jakarta. 2019;2(3):321–30.
14. Rahmawati D. Peningkatan Kecerdasan IESQ Santri Melalui Pembelajaran Tahfidzul Qur’an Di Pondok Pesantren Menara Al-Fattah Putri Mangunsari Tulungagung. Skripsi. 2018;14–54.
15. Noni A. Hubungan Antara Persepsi Remaja Terhadap Secure Attachment Dari Ibu Dengan Kecerdasan Emosional Pada Remaja Akhir. Skripsi. 2017;
16. Mubarok AN. Pengaruh Kecerdasan Spiritual Terhadap Efikasi Diri Siswi Madrasah Aliyah Islamiyah Attanwir Talun Sumberrejo Bojonegoro. 2014;10–30.
17. Rohmah N. Integrasi Kecerdasan Intelektual (IQ), Kecerdasan Emosi (EQ) Dan Kecerdasan Spiritual (SQ) Dalam Meningkatkan Etos Kerja. Tarbiyatuna. 2018;3(2):77–102.
18. Romadhoni P. Pengaruh Kecerdasan Siswa Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pai Di SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung. Skripsi. 2017;
19. Gulinda B. Hubungan Antara Kecerdasan Emosi Dengan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Pecahan Siswa Kelas Iv Sd Negeri Donan 5 Kecamatan Cilacap Tengah Kabupaten Cilacap. 2012;9–49.
20. Ummah UL. Hubungan Intensitas Komunikasi dan Kelekatan Orang Tua-Aanak dengan Kecerdasan Emosional Siswa Madrasah Ibtidaiyah Sunan Kalijogo 1 Tinggar, Bandar Kedungmulyo, Jombang. Skripsi. 2017;6(3).
21. Idhar I. Hubungan antara komunikasi positif guru dan murid dengan kecerdasan emosional murid di SMP Negeri 13 Kota Malang. Skripsi. 2012;
22. Ridwan S. Skripsi hubungan status gizi dan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar siswa smpn 4 makassar. 2017;
23. Putri A. Hubungan Kelekatan Orang Tua dengan Kecerdasan Emosional Remaja. 2016.
24. Sabita A. Tingkat Kecerdasan Emosional Peserta Didik Berdasarkan Usia Dan Jenis Kelamin Pada Pembelajaran IPS Di Matthayom Wat Nairong School Thailand. Skripsi. 2018;(21).
25. Meriyati. Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Anak. J Bimbing dan Konseling [Internet]. 2014;01(1):33–9. Available from: http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/konseli/article/download/311/1179
26. Lestari KT. Intensitas Komunikasi Keluarga Terhadap Kecerdasan Emosional Anak Di Kelurahan Munggut Kecamatan Wungu Kabupaten Madiun. J Sos [Internet]. 2015;16:64–75. Available from: https://123dok.com/document/q23wwjpz-intensitas-komunikasi-keluarga-kecerdasan-emosional-kelurahan-kecamatan-kabupaten.html
27. Abraham Rogi B. Peranan Komunikasi Keluarga Dalam Menanggulangi Kenakalan Remaja Di Kelurahan Tataaran 1 Kecamatan Tondano Selatan. 2015;
28. Situmorang Z, Hastuti D, Herawati T. Pengaruh Kelekatan dan Komunikasi dengan Orang Tua terhadap Karakter Remaja Perdesaan. J Ilmu Kel dan Konsum [Internet]. 2016;9:113–23. Available from: https://www.researchgate.net/publication/314549169_Pengaruh_Kelekatan_dan_Komunikasi_dengan_Orang_Tua_terhadap_Karakter_Remaja_Perdesaan
29. Awi MV, Mewengkang N, Golung A. Peranan Komunikasi Antar Pribadi dalam Menciptakan Harmonisasi Keluarga di Desa Kimaam Kabupaten Merauke. e-journal “Acta Diurna.” 2016;5(2):1–12.
30. Pitoyo A. Dasar-Dasar Komunikasi Dan Keterampilan Mengajar. 2018;0–27.
31. Snomwong A. Peran Komunikasi Antara Anak Dan Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar (Studi terhadap Mahasiswa Thailand di UIN STS Jambi). 2018;
32. Hendriani W. Memperbaiki Komunikasi Orangtua dan Anak. 2020; Available from: https://psikologi.unair.ac.id/wp-content/uploads/2020/05/06-Memperbaiki-Komunikasi-Orangtua-dan-Anak.pdf
33. Kim KK, Chung J. The Role of Korean Fathers: A Study of Korean Fathering Practices in the United States. Int J Child Care Educ Policy. 2011;5(2):47–55.
34. Hidayati F, Kaloeti DVS, Karyono K. Peran Ayah Dalam Pengasuhan Anak. Insight J Ilm Psikol [Internet]. 2012;9(1). Available from: https://ejournal.undip.ac.id/index.php/psikologi/article/view/2841
35. Rahim A. Peranan Orang Tua Terhadap Pendidikan Karakter Remaja Putri Menurut Islam. 2013;13(1):87–102.
36. Nurmansyah MI, Al-aufa B, Amran Y. Peran Keluarga, Masyarakat dan Media Sebagai Sumber Informasi Kesehatan Reproduksi pada Mahasiswa. J Kesehat Reproduksi [Internet]. 2015;3(1 Apr):16–23. Available from: http://ejournal.litbang.kemkes.go.id/index.php/kespro/article/view/3926
37. Lestari IA, Fibriana AI, Prameswari GN. Faktor-Faktor Yang Berhubungan dengan Perilaku Seks Pranikah Pada Mahasiswa Unnes. Unnes J Public Heal. 2014;3(4):27–38.
38. Asrori A, Hidayat T, Nugroho AA. Hubungan Kecerdasan Emosi dan Interaksi Teman Sebaya dengan Penyesuaian Sosial pada Siswa Kelas VIII Program Akselerasi di SMP Negeri 9 Surakarta. Skripsi. 2009;10:1–25.
39. Nurdin S. Hubungan Kecerdasan Emosional dan Interaksi Teman Sebaya dengan Penyesuaian Sosial pada Mahasiswa Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Skripsi. 2017;549:40–2.
40. Utami BP. Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kecerdasan Emosional Pada Remaja Kelas XI Di SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta. 2020; Available from: http://eprints.umpo.ac.id/6060/%0Ahttp://eprints.umpo.ac.id/6060/3/BAB 2.pdf
41. Hayati F, Mamat N. Pengasuhan dan Peran Orang Tua (Parenting) sertaPengaruhnya Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak di PAUD Banda Aceh, Indonesia. 2014;I(September 2014):16–30.
42. Hyoscyamina DE. Peran Keluarga Dalam Membangun Karakter Anak. 2011;10(2).
43. Minalloh NAN. Pengaruh Lingkungan Belajar dan Interaksi Sosial Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa Ponpes Bina Madani Bogor. 2020;
44. Setyowati Y. Pola Komunikasi Keluarga dan Perkembangan Emosi Anak (Studi Kasus Penerapan Pola Komunikasi Keluarga dan Pengaruhnya terhadap Perkembangan Emosi Anak pada Keluarga Jawa). J ILMU Komun. 2013;2(1):67–78.
45. Lubis RR. Historisitas dan Dinamika Pendidikan Karakter di Indonesia. An-Nahdhah. 2019;1(2):70–82.
46. Lubis IH. Hubungan Peran Ayah Dengan Kemandirian Pada Siswa Putra Dan Putri Di Sma Negeri 6 Binjai. 2021;
47. Nainggolan R. Hubungan Latar Belakang Pendidikan Orang Tua Dengan Kecerdasan Emosional Anak Di Yayasan Pendidikan Kristen Taman Kanak-Kanak Elida Jl. Flamboyan Raya IV No. 2 TJ. Selamat Kecematan Medan Tuntungan Tahun Ajaran 2011/2012. 2012;(1):1–10.
48. Firdanianty, Lubis DP, Puspitawati H, Susanto D. Komunikasi Remaja Dengan Ayah Masih Minim: Studi Pada Siswa SMA Di Kota Bogor. 2016;9(2).

PlumX Metrics

Published
2022-12-20
How to Cite
Lauwoe, I., Folamauk, C. L., Setiawan, I. M., & Kareri, D. G. (2022). Hubungan Antara Komunikasi Orang Tua Dengan Mahasiswa Terhadap Kecerdasan Emosional Pada Tahun Pertama Fakultas Kedokteran Undana. Cendana Medical Journal, 10(2), 262-273. https://doi.org/10.35508/cmj.v10i2.9095

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.