Hubungan antara Pola Asuh Orang Tua Demokratis terhadap Efektifitas Belajar Siswa

  • Siti Fatima Bala(1*)
    Universitas Nusa Cendana
  • Muhammad Dae Pua Upa(2)
    Universitas Nusa Cendana
  • Rizky Mayesita Aryance Abel(3)
    Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Parenting Democratic Parents, Learning Effectiveness, Middle School

Abstract

This study aims to describe the parenting style (democratic parents), the effectiveness of learning patterns, and the relationship between parenting style (democratic parents) and the effectiveness of learning in students at middle school. This study uses a quantitative approach to the type of descriptive correlational research. The study included 83 students and used purposive sampling. The data was collected using an instrument with a Likert scale model. The analysis technique used descriptive analysis and correlational analysis with SPSS Version 16. The findings in this study show that students at SMP Negeri 16 Kupang City have a democratic parenting style in the high category (96%) and the learning effectiveness of students (90%). Product moment correlation analysis shows that democratic parenting is related to learning effectiveness with a significant value of 0.012 (p < 0.05) and the Pearson Correlation value is 0.795 which indicates that the relationship between the two variables is strong. The positive direction where n = 83 and degrees of freedom (dk) is 80 with a significance level of 0.05, so it is known that the r table is 0.2159 (rtabel: 0.795 > rhitung: 0.2159). Here it can be interpreted that democratic parenting style has a strong positive relationship to the effectiveness of learning in students of SMP Negeri 16 Kota Kupang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anisa, D, A, (2019). Mengenal Pola Asuh Orang Tua Demokratis. Jakarta : Gramedia.

Anggreini, C.(2019). Metode Penelitian Pola Asuh Orang Tua Terhadap Cara-Cara Belajar. Yogyakarta Rineka Cipta.

Aprilia, N. D. (2018). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Efektivitas Belajar KKPI Kelas X Program Keahlian TKJ dan TVA Di SMK Piri 1. Yogyakarta.

Bisma dan Suwarno, (2018). Variabel Penelitian. Bussines Dictionary.com.reference Reviews Diakses pada 15 Februari 2021.

Chao, (2019). Penerapan Pola Asuh Orang Tua Demokratis Yang Baik Untuk Anak. Yogyakarta: Media Abadi.

Dariyo, A, (2018). Kajian Pola Asuh Orang Tua Demokratis. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Dunne. Karakteristik Efektifitas Belajar Siswa. (Online). Tersedia di respository.stikppacitan.ac.id. Diakses 24 Agustus 2019.

Hurlock, B, E, (2019). Pola Asuh Orang Tua Demokratis. Jakarta: Erlangga.

Hurlock, B, E, (2018). Kajian Pola Asuh Orang Tua Demokratis. Https://repository.uinsuska.acid. Diakses pada 20 Maret Juni 2008.

Haryono dkk, (2018). Macam-macam Penerapan Pola Asuh Orang Tua Demokratis Untuk Prestasi Belajar Anak. Jakarta: Kencana Pernada Media Group.

Hurlock, B, E, (2018). Cirri-ciri Pola Asuh Orang Tua Demokratis. Jakarta: Sinar Grafika.

Hurlock, B, E, (2020). Aspek-aspek Pola Asuh Orang Tua Demokratis. Jakarta: Pustaka Tarbiatuna.

Hurlock, B, E, (2019). Fungsi Dan Tujuan Pola Asuh Orang Tua Demokratis. Jakarta: Sinar Grafika.

Hurlock, B, E, (2018). Efektifitas Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Hurlock, B, E, (2018). Pola Asuh Orang Tua Demokratis. Jakarta.

Hardani dkk. Pengertian Hipotesis Penelitian. (Oneline). https://repository.uinsuska.ac.id. Diakses pada 12 Juni 2020.

Indriyani, R, (2019). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Demokratis Terhadap Efektifitas Belajar Siswa. Temulus.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pola Asuh Orang Tua. Jakarta, 2019, hal. 11.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. Efektifitas belajar Siswa. (Online). Tersedia di https://nibiobank.org. Diakses 13 Juli 2020. Hal. 219.

Mustamin, W, N, (2019). Sifat Pola Asuh Orang Tua Demokratis Terhadap Efektifitas Belajar Murid SD Inpres Perumnas Atang II/I. Kota Makasar.

Mudijono Dan Dimyati. (2018). Prinsip-prinsif Efektifitas Belajar Siswa. (Oneline). https://repository.uinsuska.ac.id. Diakses pada 12 Juni 2021.

Mustamin, W, N, (2019). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Demokratis Terhadap Efektifitas Belajar Murid SD Inpres Permunas Antang II/I. Kota Makasar.

Nahak, M. S., Upa, M. D. P., & Apriliana, I. P. A. (2023, October). Analisis Penyesuaian Diri Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama (SMP) dalam Menghadapi Aktivitas Akademik Tahun Pertama. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL BIMBINGAN DAN KONSELING UNDANA (SEMBIONA) (pp. 35-44).

Ningrum, M, (2018). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Demokratis Terhadap Keefektifan Dalam Belajar. Kota Malang.

Noviatri, E. A., Lohmay, I., Korohama, K. E., & Apriliana, I. P. A. (2023). Hubungan antara Burnout Belajar dengan Perilaku Displacement pada Mahasiswa Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Nusa Cendana. Jurnal Bimbingan Konseling Flobamora, 1(1).

Olok, W., Lopo, F. L., & Lengo, M. D. (2023, October). Pengaruh Pemberian Motivasi dari Orang Tua terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Lamaknen. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL BIMBINGAN DAN KONSELING UNDANA (SEMBIONA) (pp. 63-68).

Purwanto, N, (2020). Efektifitas Belajar Siswa. Yogyakarta: Paramitra.

Riyanto, A, (2018). Tujuan Efektifitas Belajar Bagi Siswa. Bandung: Yapemedo.

Ridwan Dan Sunarto. Pengertian Uji Reliabilitas. Bussines Dictionary.com.reference Reviews Diakses pada 30 Agustus 2018.

Sugiharto, (2018). Penerapan Pola Asuh Orang Tua Demokratis Dan Keefektifan Belajar. Kota Semarang.

Shapiro, (2020). Pengertian Pola Asuh Orang Tua Demokratis. Jakarta: Gramedia.

Shocib, M, (2020). Gaya Pengasuhan Pola Asuh Orang Tua Demokratis. Bandung: Dirjen Dikti.

Sinambela, (2021). Manfaat Dan Tujuan Efektifitas Belajar Siswa Dalam Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Problem Based Instruction. Jurnal Generasi Kampus, Vol 1, no 2.

Sugiharto dkk, (2018). Sifat Pola Asuh Orang Tua Demokratis Terhadap Efektifitas Belajar Siswa Kelas II. Kota Semarang.

Stephanus, R, (2018). Pola Asuh Yang Efektf Untuk Mendidik Anak Di Era Digital. Diakses pada 12 Juni 2020.

Sugiharto dkk, (2018). Penerapan Gaya Pola Asuh Orang Tua Demokratis Terhadap Efektifitas Belajar Siswa Kelas II SMP N 6 Kota Semrang.

Suharsimi, Arikunto, (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Hal 122.

Sugiyono. Pengertian Populasi. (Oneline). https://repository.uinsuska.ac.id. Diakses pada 12 Juni 2010, hal 117.

Suharsimi, Arikunto, (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.

Sugiyono, (2011). Uji Validitas dan Uji Reliabilitas. Hal 122.

Wotruba Dan Wright. (2019). Efektifitas Belajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Widi, E, W. Pengertian Sampel. (Oneline). https://repository.uinsuska.ac.id. Diakses pada 12 Juni 2018, hal 40.

Yatim, R, (2020). Kajian Efektifitas Belajar Siswa. Bandung: Prisma Press.

Yusdia, W, K. Pengertian Teknik Pengumpulan Data. (Oneline). https://repository.uinsuska.ac.id. Diakses pada 10 Maret 2011, hal 78.

PlumX Metrics

Published
2024-05-02
How to Cite
Bala, S. F., Upa, M. D. P., & Abel, R. M. A. (2024). Hubungan antara Pola Asuh Orang Tua Demokratis terhadap Efektifitas Belajar Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling Flobamora, 2(1). https://doi.org/10.35508/jbkf.v2i1.14485
Section
Articles