Pengaruh Beban Kerja terhadap Kinerja Guru BK dalam Pengentasan Masalah Belajar Siswa SMA Negeri di Kabupaten Manggarai Timur
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran beban kerja guru BK, gambaran kinerja guru BK dalam pengentasan masalah belajar siswa, dan pengaruh beban kerja terhadap kinerja guru BK dalam pengentasan masalah belajar siswa SMA Negeri di Kabupaten Manggarai Timur.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain causal comparative. Teknik pengumpulan data menggunakan angket beban kerja dan kinerja guru BK dalam pengentasan masalah belajar siswa, dengan kombinasi pertanyaan tertutup dan terbuka. Penelitian ini dilaksanakan pada 16 SMA Negeri di Kabupaten Manggarai Timur dengan jumlah responden 20 orang guru BK. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji persyaratan analisis dan pengujian hipotesis dengan bantuan SPSS versi 25.
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Beban kerja guru BK SMA Negeri di Kabupaten Manggarai Timur dominan pada kategori tinggi. (2) Kinerja guru BK dalam pengentasan masalah belajar siswa SMA Negeri di Kabupaten Manggarai Timur dominan pada kategori sedang. (3) Adanya pengaruh kuat dan negatif antara beban kerja terhadap kinerja guru BK dalam pengentasan masalah belajar siswa SMA Negeri di Kabupaten Manggarai Timur. Hal ini dapat dilihat dari nilai signifikansi 0,000 < 0,05, nilai (a)= 38.674, nilai (b)= -1.198, dan nilai R square sebesar 70.8%.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa beban kerja guru BK berpengaruh kuat dan negatif terhadap kinerja guru BK dalam pengentasan masalah belajar siswa SMA Negeri di Kabupaten Manggarai Timur.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Abdullah, M. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif (I). Aswaja Pressindo. http://idr.uin-antasari.ac.id/5014/1/Metodologi Penelitian Kuantitatif.pdf
Badrujaman, A. (2012). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keterlaksanaan Evaluasi Program Bimbingan Dan Konseling. Perspektif Ilmu Pendidikan, 26(XVII), 131–137. https://doi.org/10.21009/pip.262.6
Bastomi, H. (2020). Pemetaan Masalah Belajar Siswa SMK Negeri 3 Yogyakarta Dan Penyelesaiannya (Tinjauan Srata Kelas). KONSELING EDUKASI “Journal of Guidance and Counseling,” 4(1), 35–55. https://doi.org/10.21043/konseling.v4i1.7418
Hamdanah, & Said, A. M. (2020). Implementasi Pendekatan Remedial untuk Pengentasan Masalah Belajar. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 3(1), 24–48. https://doi.org/10.31605/ijes.v3i1.911
Ibrahim, A., Alang, A. H., Madi, Baharuddin, Ahmad, M. A., & Darmawati. (2018). METODOLOGI PENELITIAN (M. . Dr. H. Ilyas Ismail, M.Pd. (ed.); I). GUNADARMA ILMU.
Jalil, A. (2019). Pengaruh Beban Kerja, Stres Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Palu. Jurnal Ilmu Perbankan Dan Keuangan Syariah, 1(2), 117–134. https://doi.org/10.24239/jipsya.v1i2.14.117-134
Manurung, A. M., Tanjung, N. K., & Tondang, Y. D. B. (2021). Analisis Kinerja Guru BK dalam Merencanakan Program Layanan BK di Masa Pandemi. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(1). https://www.academia.edu/download/67379881/jurnal_statistik_kel_12.pdf
Nabawi, R. (2019). Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Karakteristik Individu Terhadap Kinerja Pegawai. Jurnal Administrasi Dan Manajemen, 2(2), 170–183. https://doi.org/10.52643/jam.v11i2.1880
Sahir, S. H. (2021). Metodologi Penelitian (1st ed.). PENERBIT KBM INDONESIA. https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/16455
Sari, S. P., & Aryansah, J. E. (2020). Analisis Penetapan Beban Kerja Guru Bk Di Kota Palembang. Manajemen Pendidikan, 15(1), 12–18. https://doi.org/10.23917/jmp.v15i1.10662
Sugiyono. (2013). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF DAN R & D (19th ed.). ALFABETA.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Alfabeta.
Sukatin, Nurkhalipah, Kurnia, A., Ramadani, D., & Fatimah. (2022). BIMBINGAN DAN KONSELING BELAJAR. Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia, 1(9), 1278–1285. http://www.journal.ikopin.ac.id/index.php/humantech/article/view/2073
Susanti, R., Riswani, & Bakhtiar, N. (2018). Kejenuhan Di Kalangan Guru Bimbingan Dan Konseling Di SMAN Provinsi Riau. Educational Guidance and Counseling Development Journal, 1(2), 92–104. https://doi.org/10.24014/egcdj.v1i2.6142
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##