Aplikasi Gopay dan Gaya Hidup Milenial Kota Bandung

  • Riezkiadi Rawandho Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Telkom University.
  • Roro Retno Wulan Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Telkom University
Keywords: Fintech, Gopay, Gaya Hidup, Bandung

Abstract

Perkembangan dunia digital saat ini turut mengubah gaya hidup manusia. Kehadiran uang digital pun mulai marak digunakan dalam kehidupan. Kondisi nyaman tersebut menyebabkan banyak orang mulai beralih dalam penggunaan uangnya. Saat ini mulai bermunculan perusahaan yang memanfaatkan peluang penggunaan uang digital tersebut. Terutama di bidang layanan. Layanan dengan uang digital memberikan kemudahan bagi penggunanya dalam transaksi online. Salah satunya adalah GoPay. Perusahaan tersebut masuk ke dalam jenis financial technology (fintech). Berdasarkan data yang terhitung dari quarter 2, 2019 hingga quarter 2, 2020 GoPay menjadi produk fintech E-Wallet yang paling unggul dibandingkan dengan produk saingan. Hasil penelitian berdasarkan hasil analisis data mean menunjukkan total mean sebesar 3.76 dengan target capai responden (TCR) sebesar 75.7% dan menerima Ha. Sedangkan berdasarkan hasil analisis Independent Sample T-test dapat dilihat bahwa laki-laki memiliki total mean sebesar 3.76 dengan target capai responden (TCR) sebanyak 76.3% dan total mean sebesar 3.82 dengan target capai responden (TCR) sebanyak 76.5% untuk perempuan yang menunjukkan bahwa pengaruh penggunaan GoPay dalam gaya hidup perempuan lebih besar dibandingkan dengan laki-laki, dan menerima Ha. Hal ini berarti bahwa pengaruh penggunaan GoPay dalam gaya hidup masyarakat millennial di Kota Bandung dengan didasari oleh Theory of Planned Behavior >70%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-01-17
How to Cite
Rawandho, R., & Wulan, R. (2022). Aplikasi Gopay dan Gaya Hidup Milenial Kota Bandung. Jurnal Communio : Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 11(1), 103-119. https://doi.org/10.35508/jikom.v11i1.4793
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.