Penerimaan Khalayak pada Kampanye #Stopbodyshaming

Analisis Resepsi Kampanye #Stopbodyshaming pada Followers Instagram @Cindercella

  • Ida Sutriani(1*)
    Faculty of Social Science and Political Science, Tidar University.
  • Jaduk Gilang Pembayun(2)
  • Apsari Wahyu Kurnianti(3)
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Body Shaming, Kampanye, Instagram, Resepsi

Abstract

Penelitian ini membahas tentang bagaimana pemaknaan followers Instagram @Cindercella pada kampanye stop body shaming Cindercella. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui makna yang timbul pada followers Instagram Cindercella mengenai kampanye stop body shaming. Analisa digunakan dengan paradigma kritis dan menggunakan metode Analisis Resepsi milik Stuart Hall. Dalam menganalisis latar belakang informan dalam memaknai pesan kampanye tersebut, peneliti menggunakan Teori uses and gratification. Hasil penelitian ini adalah Cindercella ingin menunjukkan bahwa body shaming berbahaya bagi mental health korbannya. Selain itu Cindercella juga mengajak khalayak untuk selflove dan percaya diri apapun bentuk fisiknya. Pesan kampanye stop body shaming Cindercella diterima oleh masing-masing informan dengan makna yang berbeda. Akhirnya penelitian ini diharapkan dapat dijadikan acuan bagi public relation atau humas dalam melihat persepsi atau pemaknaan sebuah kampanye pada khalayak melalui media sosial.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2022-01-13
How to Cite
Sutriani, I., Pembayun, J., & Kurnianti, A. (2022). Penerimaan Khalayak pada Kampanye #Stopbodyshaming. Jurnal Communio : Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 11(1), 1 - 19. https://doi.org/10.35508/jikom.v11i1.5172
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.