Gambaran Maskulinitas dalam Iklan Kopi Caffino di Instagram

  • Anggik Budi Prasetiyo Magister Linguistik, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Jember
Keywords: Iklan, Kopi Caffino, Instagram, New Maskulinity

Abstract

Maskulinitas merupakan representasi gender yang sering digunakan dalam periklanan guna mempersuasi calon konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap representasi maskulinitas hegemonik dalam iklan kopi Caffino di Instagram. Penelitian ini memfokuskan bagaimana maskulinitas digambarkan dalam iklan kopi Caffino. Data dalam penelitian ini ialah kata, frasa, gambar, dan warna yang ada dalam poster iklan kopi Caffino. Sumber penelitian ini ialah poster iklan kopi Caffino di Instagram. Kajian ini termasuk dalam penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah semiotika model John Fiske yang melibatkan kode dan tanda. Tanda dan kode tersebut diasumsikan sebagai wujud dari praktik sosial. Konstruksi maskulin yang muncul dianalisis dengan memperhatikan berbagai aspek yang ada dalam iklan..Analisis dalam penelitian ini dilakukan dengan tiga tahapan yaitu dengan memperhatikan level realitas, representasi, dan ideologiHasil penelitian ini menunjukkan bahwa iklan kopi Caffino menggunakan maskulinitas hegemonik dengan gaya Maskulinitas yang ditemukan dalam peneltian ini ditunjukkan dengan menampilkan sosok laki-laki yang berpenampilan casual dan santai. Hal ini menunjukkan sifat yang mengarah pada new masculinity. Istilah new masculinity ini mengarah pada representasi maskulin yang modern. Maskulin modern ini tidak terpaku pada tampilan fisik saja namun lebih mengarah pada sosial budaya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-01-14
How to Cite
Prasetiyo, A. (2022). Gambaran Maskulinitas dalam Iklan Kopi Caffino di Instagram. Jurnal Communio : Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 11(1), 50-62. https://doi.org/10.35508/jikom.v11i1.5530
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.