Kampanye #Berkaingembira Dalam Membangun Kesadaran Generasi Z Akan Budaya Berkain

  • Putu Cemerlang Santiyuda(1*)
    Program Studi Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Udayana
  • Ni Luh Ramaswati Purnawan(2)
    Program Studi Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Udayana
  • Ni Made Ras Amanda Gelgel(3)
    Program Studi Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Udayana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Kampanye #BerkainGembira, Kesadaran, Generasi Z, Budaya Berkain

Abstract

Globalisasi dan digitalisasi membuat perkembangan arus informasi menjadi cepat dan masif. Salah satunya yaitu, masuknya produk budaya asing melalui media sosial. Generasi Z yang merupakan digital native adalah kelompok usia yang paling banyak terpapar hal tersebut. Diperlukan transfer pengetahuan tentang warisan budaya lokal kepada generasi Z melalui kampanye digital di media sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kampanye #BerkainGembira membangun kesadaran generasi Z akan budaya berkain. Kampanye #BerkainGembira merupakan salah satu kampanye digital di media sosial yang bertujuan untuk mentransfer pengetahuan tentang budaya lokal salah satunya, budaya berkain. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara daring, observasi daring , dan studi dokumentasi terhadap konten yang dibuat oleh subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kampanye #BerkainGembira dapat membangun kesadaran Generasi Z akan budaya berkain. Kampanye #BerkainGembira dilakukan melalui media sosial yaitu Instagram, TikTok, Youtube, dan Discord melalui creative content sharing dan hashtag atau tagar yang menjadi trend di kalangan generasi Z dan membentuk jaringan komunitas. Keterlibatan public figure dan influencer dalam kampanye #BerkainGembira juga menarik perhatian khalayak khususnya generasi Z terhadap kampanye ini. Diharapkan kampanye ini semakin berkembang dalam menyasar generasi yang lebih muda (generasi Alpha).

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2023-01-13
How to Cite
Santiyuda, P., Purnawan, N. L., & Gelgel, N. M. R. (2023). Kampanye #Berkaingembira Dalam Membangun Kesadaran Generasi Z Akan Budaya Berkain. Jurnal Communio : Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 12(1), 1-12. https://doi.org/10.35508/jikom.v12i1.7365
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.