THE PENGARUH APLIKASI TRICHOKOMPOS DALAM MENINGKATKAN PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN EDAMAME (Glycine max L. (Merrill))

  • Diana Y. L. Serangmo(1)
    Universitas Nusa Cendana
  • Agnes V. Simamora(2*)
    Universitas Nusa Cendana
  • Gabriela C.G. Pratama(3)
    Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author

Abstrak

Untuk meningkatkan produksi edamame salah satu hal yang diperhatikan adalah ketersediaan unsur hara, yang dapat diberikan melalui penambahan pupuk organik, misalnya trichokompos. Trichokompos berperan meningkatkan produksi tanaman karena dapat meningkatkan kesuburan tanah serta mengandung jamur antagonis Trichoderma sp. yang mampu mengendalikan patogen tanaman.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon pertumbuhan dan hasil edamame akibat perlakuan dosis dan waktu aplikasi pupuk trichokompos. Penelitian ini telah dilaksanakan di Laboratorium Lapangan Terpadu Lahan Kering Kepulauan (LLTLKK) Undana dari bulan Oktober 2020 sampai Juni 2021. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Kelompok Faktorial dengan dua faktor. Faktor pertama adalah dosis trichokompos (A) yang terdiri dari empat taraf yaitu A1= kontrol, dengan menggunakan dosis NPK yang disarankan untuk edamame yaitu sebesar 2,4 gram/tanaman, A2=240 gram trichokompos /tanaman, A3=480 gram/ trichokompos tanaman, dan A4=720 gram trichokompos /tanaman. Faktor kedua yaitu waktu aplikasi trichokompos (B) yang terdiri dari tiga taraf yaitu B1= aplikasi trichokompos dua minggu sebelum tanam, B2= aplikasi trichokompos satu minggu sebelum tanam, dan B3= aplikasi trichokompos pada saat tanam. Parameter yang diamati adalah tinggi tanaman, jumlah daun, jumlah polong per tananaman,  jumlah biji, bobot segar tanaman, dan bobot kering biji.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi antara perlakuan dosis pupuk trichokompos dengan waktu aplikasi trichokompos berpengaruh tidak nyata terhadap semua paramater pengamatan. Tetapi, ada kecenderungan bahwa trichokompos dengan dosis 720 g/tanaman  yang diaplikasikan pada dua minggu sebelum tanam mempunyai jumlah polong, jumlah biji, bobot segar, dan bobot kering tanaman yang lebih besar dibandingkan dengan perlakuan yang lain.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

PlumX Metrics

Diterbitkan
2021-12-14
Bagian
Articles