Pengaruh Blended Learning Pada Pembelajaran Matematika (Tinjauan Meta-Analisis)
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh Blended Learning terhadap hasil belajar siswa dan mengetahui perbedaan pengaruh Blended Learning terhadap hasil belajar siswa berdasarkan jenjang pendidikan. Jenis penelitian ini adalah systematic literature review menggunakan meta-analisis. Sampel penelitian adalah 6 artikel penelitian eksperimen yang menggunakan BL yang dipublikasikan pada jurnal ilmiah antara tahun 2015-2022. Perhitungan besar pengaruh menggunakan effect size dengan formula eta-squared dan Cohen’s d. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa Blended Learning memiliki pengaruh terhadap hasil belajar matematika, dimana terdapat 3 artikel dengan kategori effect size sangat tinggi, 1 artikel dengan kategori effect size tinggi, 1 artikel dengan kategori effect size sedang, dan 1 artikel dengan effect size rendah. Secara keseluruhan ditemukan bahwa Blended Learning memiliki pengaruh yang tinggi terhadap hasil belajar matematika dengan rata-rata sebesar EZ sebesar 1,83. Terdapat perbedaan pengaruh penggunaan Blended Learning terhadap hasil belajar matematika berdasarkan jenjang pendidikan
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Fahrurrozi, M., & Majid, M. A. (2017). Pengembanggan Model Pembelajaran Blended Learning Berbasis Edmodo dalam Membentuk Kemandirian Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas Xi Ips Sman 1 Selong Tahun Pelajaran 2017/2018. JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan), 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.29408/jpek.v1i1.459
Heinze, A. (2008). Blended Learning: An Interpretive Action Reseach Study. University of Salford.
Husamah. (2017). Pembelajaran Bauran (Blended Learnng). Prestasi Pustaka.
Khoiroh. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 10(2).
Samo, D. D., Ekowati, C. K., Soko, I. P., & Ngawas, K. R. (2023). Pengaruh penggunaan media pembelajaran matematika berbasis website terhadap peningkatan hasil belajar siswa: Meta-analisis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 10(1), 89–101. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21831/jrpm.v10i1.49357.
Thalheimer, W., & Samantha, C. (2002). How to Calculate Effect Sizes From Published Research : A simlified Methodology. https://www.researchgate.net/publication/253642160_How_to_calculate_effect_sizes_from_published_research_A_simplified_methodology
Ulfi, M. S. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Blended Learning Berbasis Schoology Di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Universitas Muhammadiyah Surabaya.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs E-Journal Fraktal ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal Fraktal berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.