Penerapan Discovery Learning Berbantuan GeoGebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Persamaan Lingkaran Siswa Kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Fatuleu
Abstract
This research aims to improve the ability to understand the concept of circle equations by applying the Discovery Learning model assisted by Geogebra. This type of research is classroom action research using the Kurt Lewin model which is carried out in 2 cycles and each cycle consists of 4 stages, namely: (1) planning, (2) implementation, (3) observing, and (4) reflection. The data collection techniques used are tests, observation, and documentation with the data analysis used is quantitative data analysis. The research results showed that the percentage of classical completeness in students conceptual understanding abilities reached 66,67% in cycle I and increased to 83,33% in cycle II. The implementation of the Discovery Learning model assisted by GeoGebra also increases teacher activity and student activity in each cycle with a percentage reaching 100%. Based on the research results, it can be concluded that the application of the Discovery Learning model assisted by GeoGebra can improve the ability to understand the concept of circle equations in class XI IPA 3 Student at SMA Negeri 1 Fatuleu
Downloads
References
Arisna, V. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Geogebra terhadap Kecerdasan Visual Spasial pada Siswa SMP. 1–182.
Asnidar, A. (2014). Media Software Geogebra Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Persamaan. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 1(2).
Hadi, S., & Umi Kasum, M. (2015). Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Memeriksa Berpasangan (Pair Checks). EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 59–66. https://doi.org/10.20527/edumat.v3i1.630
Nila, K. (2008). Pemahaman konsep matematik dalam pembelajaran matematika. Prosiding SeminarNasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta, 229–235.
Rahayu, Y., & Pujiastuti, H. (2018). Indikator Pemahaman Konsep. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 3(2), 93–102. https://journal.unpas.ac.id/index.php/symmetry/article/view/1284
Simamora, R. E., & Siagian, M. V. (2021). Penerapan Model Guided-Discovery Learning (GDL) dengan Pendekatan Saintifik Berbantuan Geogebra Pada Topik Geometri. TIN: Terapan Informatika Nusantara, 1(11), 576–581. https://ejurnal.seminar-id.com/index.php/tin/article/view/739
Simarmata, S. M., Sinaga, B., & Syahputra, H. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dalam Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Matlab. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 692–701. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1227
Tunjungsari, A. R., & Tasyanti, T. (2017). Penerapan PBL dengan pendekatan RME berbantuan GeoGebra untuk meningkatkan kemampuan berpikir matematis. Seminar Nasional Matematika X, 556–566. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21564
Wafik Khoiri? , Rochmad, A. N. C., Jurusan Matematika FMIPA UNNES Gedung D7 Lt.1 Kampus Sekaran Gunungpati, S. 50229, & Info. (2013). Problem Based Learning Berbantuan Multimedia Dalam Pembelajaranmatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Journal of Mathematics Education, 2(1), 115–121.
Copyright (c) 2024 FRAKTAL: JURNAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs E-Journal Fraktal ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal Fraktal berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.