Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Powerpoint Dan I-Spring Suite 10 Pada Materi Segitiga Dan Segiempat Kelas VII MTS Negeri Kupang
Abstract
This research aims to develop valid, practical, and effective Android-based mathematics learning media using Powerpoint and Ispring Suite 10 on triangles and quadrilaterals for class VII MTs Negeri Kupang. The method used in this research is the Research and Development method using the ADDIE model. The data collection techniques and instruments used were interviews, questionnaires, and tests. The data analysis techniques used are qualitative and quantitative descriptive analysis techniques. The research results show that Android-based learning media on the triangle and quadrilateral material meets the criteria of being valid, practical, and effective. The results of the feasibility of learning media were obtained from the assessment of 3 material and media experts with an average validity of 4.61 and included in the "valid" category. For the practical aspect, the response with average response result was 4.3, the response from small class students was 4.48, and the large class was 4.52 so it was included in the "practical" category. For the effectiveness criteria, the percentage of learning completeness results for small classes was 80% and for large classes, the class completion results were 86.95% so the learning media was categorized as "effective". Thus, the learning media developed is valid, practical, and effective
Downloads
References
Demon, H. S. O., Nubatonis, O. E., & Dominikus, W. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Aplikasi Android dengan Menggunakan Software Ispring Suite 6 Pada Materi Perbandingan untuk Peserta Didik Kelas VII SMPN 1 Atambua. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 9(September), 38. http://jurnal.unimor.ac.id/SEMNASDIKA/article/download/2117/743
Dola, D. C., Dominikus, W. S., & Nubatonis, O. E. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Menggunakan Power Point Dan Ispring Suite 9 Pada Materi Aritmetika Sosial Untuk Siswa Kelas VII SMPN 1 Atambua. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SEMNASDIKA) 1 Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Timor, 1, 62–67.
Fobia, A. S., Nenohai, J. M. H., & Nubatonis, O. E. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Menggunakan Smart Apps Creator Pada Materi Pecahan Untuk Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Amanuban Barat. Haumeni Journal of Education, 3(1), 63–76. https://doi.org/10.35508/haumeni.v3i1.10840
Lima, S. Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Statistika Berbasis Android menggunakan MIT APP Inventor Pada Siswa Kelas VIII SMP N 19 Kota Kupang.
Maritsa, A., Hanifah Salsabila, U., Wafiq, M., Rahma Anindya, P., & Azhar Ma’shum, M. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91–100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303
Nur, F. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematika Siswa Kelas VIII Pada Materi Statistika. IAIN Purwokerto.
Samo, D. D., & Nubatonis, O. E. (2021). Pengembangan Perangkat Pembeljaran Dalam Jaringan Pada Mata Kuliah Struktur Aljabar. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 116–125.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kantitatif, Kualittif dan R&D. Alfabeta.
Sumiati, A., & Agustini, Y. (2020). Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Segi Empat Dan Segitiga Siswa Smp Kelas Viii Di Cianjur. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 04(01), 321–330.
Yektyastuti, R., & Ikhsan, J. (2016). Pengembangan media pembelajaran berbasis android pada materi kelarutan untuk meningkatkan performa akademik siswa SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(1), 88–99.
Yuhana, Y., & Mutaqin, A. (2023). Pengembangan E-modul Interaktif Berbasis Android Menggunakan PowerPoint Dan Ispring Suite Pada Materi Lingkaran Kelas VIII SMP. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 6(2), 103–111.
Copyright (c) 2024 FRAKTAL: JURNAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs E-Journal Fraktal ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal Fraktal berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.