Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Menggunakan Power Point Dan Ispring Suite Pada Materi Persamaan Kuadrat
Abstract
This research aims to develop mathematics learning media based on an Android application using PowerPoint and I-spring Suite on Quadratic Equations material for class IX students at SMP Negeri 1 Bola that is valid, practical and effective. The method used in this research is Research and Development (R&D) using the ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) development model. The research results show that the learning media developed meets the feasibility criteria of being valid, practical and effective. The average total validity by material experts is 4.60 and media experts is 4.57 in the "valid" category. The average total practicality of the small class students' responses was 4.28, and the main class students' responses were 4.25 and the average total practicality of the teachers was 4 in the "practical" category. The percentage of student learning completeness in the small class trial was 71% with the "effective" category and the main class trial was 85% with the "very effective" category
Downloads
References
Batafor, C. C. M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika
Berbasis Android Menggunakan Unity Pada Materi Bangun Ruang Sisi
Datar untuk Siswa Kelas VIII SMPN 3 Nubatukan Satap Paubokol.
(Skripsi). Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Nusa
Cendana, Kupang.
Dola, D. C. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Menggunakan Power Point Dan Ispring Suite 9 Pada Materi Aritmatika Sosial Untuk Siswa Kelas VII Smpn 1 Atambua. Skripsi Universitas Nusa Cendana Kupang.
Efendi, A. Y. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android Pada Topik Persamaan Kuadrat Bagi Peserta Didik Kelas Xi Smk. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika, 11(1).
Fikri,M.Hamdani, Nanang Priatna (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android untuk Siswa SMP/MTs dan SMA/MA. Juring Journal For Research in Mathematics Learning.
Hakky, M. K., Wirasasmita, R. H., & Uska, M. Z. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android untuk Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika, 2(1).
Handayani, L. (2021). Pemanfaatan Software Geogebra Melalui Plikasi Android Pada Materi Persamaan Kuadrat. SCIENCE : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Dan IPA, 1(2), 164–169.
Nufninu, Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Menggunakan Power Point dan I-spring pada Materi Garis dan Sudut untuk siswa SMP Kelas VII. (Skripsi).Pendidikan Matematika Universitas Nusa Cendana Kupang.
Puji Lestari. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis I-Spring Suite 8 Pada Mata Pelajaran Matematika Di Sekolah Menengah Pertama. M A T H L I N E Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 1–11.
Shinthia, H., & Demon, O. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Aplikasi Android Dengan Menggunakan Software Ispring Suite 6 Pada materi Perbandingan Untuk Siswa Kelas Vii SMP N 1 Atambua (Skripsi). Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Nusa Cendana, Kupang.
Sugiyono,2020. Metode penelitian (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D).Bandung:Alfabeta.
Copyright (c) 2024 FRAKTAL: JURNAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs E-Journal Fraktal ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal Fraktal berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.