Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Program Linear Siswa Kelas XI Melalui Discovery Learning Berbantuan Powerpoint Interaktif
Abstract
The low concept understanding ability of students in class XI MIA 4 SMA Negeri 9 Kupang is the reason for researchers to conduct research. This study was conducted to describe the improvement of the ability to understand the concept of linear program in students of class XI MIA 4 SMA Negeri 9 Kupang by applying the discovery learning model assisted by interactive powerpoint media. The method used is Classroom Action Research (CAR) which refers to the Kemmis & Mc Taggart model with 4 steps, namely planning, action, observation and reflection. Data collection was done by observation and test. This research was conducted in class XI MIA 4 SMA Negeri 9 Kupang with 32 students. The results showed that the average result of concept understanding test at the end of cycle I was 67.5, then increased to 77.2 in cycle II. Classical concept understanding of each indicator also increased from cycle I to cycle II. The teacher activity score reached 100 in cycle I and cycle II. In addition, the student activity score also increased, namely 92.5 in cycle I and reached 100 in cycle II. Thus, it is concluded that the use of discovery learning model assisted by interactive powerpoint can improve students' concept understanding on linear program material
Downloads
References
Bangngu, S. G., Nenohai, J. M. H., & Samo, D. D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Pada Materi Transformasi Geometri Pada Siswa Kelas IX SMPN 15 Kota Kupang. FRAKTAL: JURNAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA, 3(2), 52–64.
Blegur, W. (2018). Implementasi Pendekatan Kontekstual Dengan Bantuan Ubin Aljabar Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Operasi Aljabar Bagi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 19 Kupang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Nusa cendana, Kupang.
Damayanti, P.A., & Qohar, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Powerpoint Pada Materi Kerucut. Jurnal Matematika Kreatif-inovatif, 10(2), 119-124.
Depdiknas. (2006). Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.
Duffin, J.M & Simpson, A.P. (2000). A Search for understanding. Journal of Mathematical Behavior, 18(4), 415-427.
Hamzah, M.A., & Muhglisraini. (2014). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu. (2013). Pendidikan tentang Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning). Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional
Kudsiyah & Harmanto. (2017). Pengembangan Multimedia Power Point Ineraktif Materi Tata Urutan Peraturan Perundang-Undangan Nasional Kelas VIIID SMPN 1 JABON. Jurnal kajian moral dan kewarganegaraan, 5(1), 1-15.
Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Raharjo, Firman, & Sulaiman. (2017). Mengembangkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Diskrit Dan Pembentukan Karakter Konstruktivis Mahasiswa Melalui Pengembangan Bahan Ajar Berbantuan Aplikasi Education Edmodo Bermodelkan Pogresif Pace. Jurnal Teori Dan Riset Matematika (TEOREMA), 2(1), 47–62.
Sari, J. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Basad Learning Di Kelas VII SMP IT AL-Hijrah Medan T.P. 2014/2015 (Skripsi). Jurusan Pendidikan Matematika, Institut Agama Islam Negeri, Medan.
Setiawan, B., & Supriyono. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Dengan Powerpoint dan Wondershare Untuk Pengembangan SoftSkills Siswa Bagi Guru SMP. Jurnal Ilmiah SAINTIKOM, 15(2), 151–60.
Susanti, N. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Melalui Penerapan Model Inquiry Pada Kelas XI SMA Negeri 1 Samadua. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Banda Aceh.
Wangge, M. (2020). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis ICT dalam Proses Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah. Fraktal: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(1), 34-37.
Copyright (c) 2024 FRAKTAL: JURNAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs E-Journal Fraktal ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal Fraktal berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.