Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divission Berbantuan Video Animasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Amabi Oefeto pada mata pelajaran matematika khususnya pada materi koordinat kartesius. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 2 Amabi Oefeto melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divission (STAD) berbentuan video animasi pada materi koordinat kartesius. Metode penelitian yang digunakkan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Mc Taggart yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan masing-masing siklus memiliki 4 tahapan yaitu 1) perencanaan; 2) pelaksanaan; 3)pengamatan; dan 4) refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah observasi, tes, dan dokumentasi sedangkan analisis data yang digunakkan adalah berupa deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada siklus I adalah 62,97% meningkat menjadi 77,78% pada siklus II, nilai keterlaksanaan observasi aktivitas guru mengajar pada siklus I dan siklus II adalah 100% dan nilai keterlaksanaan aktivitas siswa pada siklus I adalah 88,46% meningkat menjadi 100% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divission (STAD) berbantuan video animasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Amabi Oefeto pada materi koordinat kartesius
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Asrori, A., & Rusman, R. (2020). Classroom Action Research: Pengembangan Kompetensi Guru. Purwokerto: CV Pena Persada.
Djamarah, S. B., & Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar.
Esminarto, E., Sukowati, S., Suryowati, N., & Anam, K. (2016). Implementasi Model STAD dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siwa. BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual, 1(1), 16-23.
Fitriana, I. A. (2023). Pembelajaran Matematika Materi Himpunan Menggunakan Aplikasi Powtoon untuk Siswa SMP. Jurnal Binagogik, 10(1), 118-124.
Haryanto, I. N., Marhaeni, D. A. I. N., & Suarni, D. N. K. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Berbantuan Media Video Animasi terhadap Hasil Belajar IPA dan Kreativitas Siswa SMPLB C Negeri Denpasar. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 5(1).
Hidayat, A., & Sudibyo, E. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP. Pensa: E-Jurnal Pendidikan Sains, 8(3), 330-333.
Khairani, M., Sukmawati, S., & Nasrun, N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Penalaran dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V SDN 1 Lejang Kabupaten Pangkep. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 458-471.
Khasanah, F. (2016). Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Students Teams Achievement Division). Likhitaprajna, 18(2), 48-57.
Nenohai, J. M. H., Garak, S. S., Ekowati, C. K., Udil, P. A. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Implementasi Aplikasi Wordwall dalam Pembelajaran Matematika Bagi Guru Kelas Rendah Sekolah Dasar Inpres Maulafa Kota Kupang. Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat, 2(2), 101-110.
Raharja, I. G. N. K. R., Gitakarma. S., M., & Ariawan, K. U. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Video Animasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Perakitan Komputer. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 6(3), 96-105.
Rahmawati, A. (2022). Kelebihan dan Kekurangan Powtoon Sebagai Media Pembelajaran. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 17(1), 1-8.
Sari, S. P. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Ukuran Pemusatan Data dengan Menggunakan Video di Kelas XI SMA Negeri 1 Ujan Mas. Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1), 49-58.
Suparmini, M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar. Journal of Education Action Research, 5(1), 67-73.
Tiwow, D., Wongkar, V., Mangelep, N. O., & Lomban, E. A. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Animasi Powtoon terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Minat Belajar Peserta Didik. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 4(2), 107-122.
Udil, P. A., Kusmayadi, T. A., & Riyadi. (2017). Profile of mathematics anxiety of 7th graders. AIP Conference Proceedings, 1868, 050017.
Udil, P. A. & Sangur, L. F. (2020). Penggunaan Media Komik Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 8 Lamba Leda. ASIMTOT: JURNAL KEPENDIDIKAN MATEMATIKA, 2(1), 57-69.
Wangge, M. (2020). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis ICT Dalam Proses Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah. Fraktal: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(1), 31-38.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs E-Journal Fraktal ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal Fraktal berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.