Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Koordinat Kartesius Melalui Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Powerpoint Interaktif
Abstrak
Permasalahan yang mendasari penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa. Hal ini diakibatkan karena model pembelajaran yang digunakan masih konvensional yaitu model pembelajaran yang berpusat pada guru dan penggunaan media yang cenderung membuat siswa pasif dan tidak tertarik dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII SMPK Muder Teresa pada materi koordinat kartesius melalui pembelajaran discovery learning dengan bantuan powerpoint interaktif. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart, terdiri dari 4 tahapan yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi/pengamatan dan Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Selanjutnya, dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan pada kondisi awal rata-rata motivasi belajar siswa yaitu 53.86 meningkat menjadi 70.5 pada siklus I dan 79.64 pada siklus II. Sedangkan presentase jumlah siswa yang tuntas yaitu 57.14% pada siklus I dan siklus II menjadi 89.29%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery learning dengan bantuan powerpoint interaktif dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII SMPK Muder Teresa pada materi koordinat kartesius.
Kata kunci: Discovery Learning, Hasil Belajar, Motivasi dan Powerpoint Interaktif
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Blegur, I. K. S., Oktaviani, K. N., & Retnowati, E. (2017). Apakah Strategi Goal-Free Dapat Memfasilitasi Literasi Matematika Siswa. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY 2017, 359–364.
Istiana, G. A., Saputro, A. N. C., & ... (2015). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi belajar pokok bahasan larutan penyangga pada siswa kelas xi ipa …. Jurnal Pendidikan Kimia, 4(2), 67.
Nenohai, J. M. H., Udil, P. A., Blegur, I. K. S., Matematika, P., Cendana, U. N., & Matematika, P. (2022). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Zoom Dalam. 05, 23–32.
Pramesti, P. D., Dibia, I. K., & Ujianti, P. R. (2021). Media Pembelajaran Daring Interaktif Berbasis Power Point dengan Fungsi Hyperlink. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 258.
Saida, L. N., Wijoyo, S. H., & Wicaksono, S. A. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint untuk Meningkatkan Motivasi Belajar , Kebiasaan Belajar , dan Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri 3 Malang. Jurnal Pengembangan Teknologi IIformasi Dan Ilmu Komputer, 3(9), 8695–8705.
Udil, P. A. (2023). Pendampingan Pengembangan Media Pembelajaran Power Point Bagi Guru Sdn Bokong 2. 4(2), 3843–3849.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs E-Journal Fraktal ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal Fraktal berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.