Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Android Menggunakan Software Power Point Dan Ispring Suite Pada Materi Eksponensial
Abstract
Kemajuan dalam bidang pendidikan perlu ditingkatkan dengan memanfaatkan inovasi teknologi dalam pengembangan bahan ajar. Penggunaan bahan ajar berbasis android merupakan salah satu inovasi pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar matematika berbasis android yang valid, praktis, dan efektif menggunakan Powerpoint dan Ispring Suite pada materi eksponen kelas X SMA Negeri 4 Kupang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu: analisis (analysis); desain (design); dan pengembangan (development); implementasi (implementation); dan evaluasi (evaluation). Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa bahan ajar berbasis android pada materi eksponen memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Hasil kelayakan bahan ajar diperoleh dari penilaian 3 orang ahli materi dengan rata-rata kevalidan 4.56 dan termasuk kategori “valid”. Untuk aspek kepraktisan, respon bahan ajar oleh guru dengan rata-rata hasil respon 4.2, respon dari peserta didik kelas kecil adalah 4.7 dan kelas besar adalah 4.48 sehingga termasuk dalam kategori “praktis”. Untuk kriteria keefektifan, presentase hasil ketuntaasan belajar kelas kecil diperoleh 100% dan kelas besar diperoleh hasil ketuntasan kelas 69.44% sehingga media pembelajaran dikategorikan “efektif”. Dengan demikian, media pembelajaran yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif.
Downloads
References
Demon, H. S., Nubatonis, O. E., & Dominikus, W. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Dengan Menggunakan Software ISpring suite Suite 6 Pada Materi Perbandingan Untuk Peserta didik Kelas VII SMPN 1 Atambua. (Skripsi). Pendidikan Matematika. Universitas Nusa Cendana.
Dola, D. D., Dominikus, W. S., & Nubatonis, O. E. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android menggunakan Power Point dan Ispring Suite 9 pada materi Aritmatika Sosial untuk Siswa Kelas VII SMPN 1 Atambua. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SEMNASDIKA) 1, Program Studi Pendidikan MAtematika, Universitas Timor, Vol. 1, pp.62-67.
Fobia, S. S., Nenohai, J. M., & Nubatonis, O. E. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Menggunakan Smart Apps Creator Pada Materi Pecahan Untuk Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Amanuban Barat. Haumeni Journal Of Education, 3(1), 63-76.
Himmah, Faiqotul. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Ispring Suite 8 Pada Sub Materi Zat Aditif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik SMP Kelas VIII. Vol.05, No. 02.
Kharisma, Jeaniver & Asman, Aslimm. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Masalah Berorientasi pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Prestasu Belajar Matematika. Indonesian Journal of Mathematics Education, 1(1), 34-46.
Lestari, I. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Matematika dengan Memanfaatkan Geogebra untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 26-36.
Sofiana, N. (2014). Efektivitas Bahan Ajar Mobile E-Learning Interaktif dalam Pembelajaran Fisika Siswa Kelas XI SMAN 10 Padang. Pillar Of Physics Education, 4(2).
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan Research and Developmen. Bandung: ALFABETA.
Sutirna. (2019). Inovasi Pembelajaran Media untuk Menghentikan Siswa Menjadi Jenuh dan Bosan (Penelitian Survey di Lingkungan Guru Se Komisariat Telukjambe Karawang), (September, 2018). https://doi.org/10.13140/RG.2.2.13059.14887
Copyright (c) 2024 FRAKTAL: JURNAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs E-Journal Fraktal ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal Fraktal berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.