Integrasi Etnomatematika Rumah Adat NTT Dalam Pembelajaran Matematika
Abstract
Ethnomathematics is mathematics that grows and develops in the cultural activities of certain communities. This means that mathematics and culture are two things that are interrelated and cannot be separated in people's lives. This research aims to examine the integration of NTT traditional house ethnomathematics in mathematics learning and learning approaches that support learning. The research method used in this research is literature study. The 3 articles used were obtained from the Google Scholar database. The results of this research show that the ethnomathematics activities of NTT traditional houses can be integrated into mathematics learning and a realistic mathematics approach can have an impact in creating active learning that is centered on contextual problems in the environment around students.
Downloads
References
Astutiningtyas, E. L., dkk. (2017). Etnomatematika dan Pemecahan Masalah Kambinatorik. Jurnal Math and Educator,03(02),111-117.
Blegur, I. K. S. (2023). Matematika dan Budaya: Rancangan Masalah Pola Bilangan Dengan Menggunakan Tenun Ikat Amarasi Barat. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 5, 123-135. https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/MANDALIKA/article/view/4929
Desilia, I. M., & Rahmawati, N. D. (2024). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V SDN 01 Sawah Besar Melalui Pendekatan PMRI Berbantuan Media Benda Konkret pada Materi Pecahan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8, 13571–13579.
Dominikus, W. S. (2021). Hubungan Etnomatematika Adonara dan Matematika Sekolah. Malang: Media Nusa Creative
Dominikus, W. S., Madu, A., Sabon, Z., & Jalo, P. (2023). Ethnomathematics at the Traditional House of Mbaru Niang Wae Rebo, Manggarai. https://doi,org/10.4108/eai.21-10-2022.2329709.
Fahik, M. J., Nenohai, J. M. H., & Blegur, I. K. S. (2023). Eksplorasi Etnomatematika pada Rumah Adat Soka Bu'ahan di Desa Babulu Induk, Nusa Tenggara Timur. Mandalika Mathematics and Education Journal, 5(2), 276-288. https://doi.org/10.29303/jm.v5i2.5738
Funan, F. X., & Mamoh, O. (2019). Eksplorasi Etnomatematika Uem Le’U Insana Dalam Kaitannya Dengan Konsep Geometri. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 63–75. https://doi.org/10.32938/jpm.v1i1.271
Maure, O. P., & Ningsi, G. P. (2017). Eksplorasi Etnomatematika Pada Tarian Caci Masyarakat Manggarai Masyarakat Nusa Tenggara Timur. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia. Universitas Sanata Darma, Yogyakarta: 9 Desember 2017.
Nomleni, A. K., Amsikan, S., Fitriani, F. (2022). Eksplorasi Etnomatematika Pada Bangunan Tradisional Suku Boti Di Kabupaten Timor Tengah Selatan. MATH-EDU Jurnal Ilmu ….7,101-112. http://jurnal.unimor.ac.id/JIPM/article/view/2661%0Ahttps://jurnal.unimor.ac.id/JIPM/article/download/2661/1024
Panjaitan, D. J., Darmiati, Firmasyah. (2024). Implementasi Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Dalam Meningkatkan Literasi Matematika Siswa Sekolah Dasar : Pemodelan Matematika Dan Faktor Kontekstual. Jurnal Pendidikan Tambusai 8(!): 14798–14805.
Seimbiring, R. K., Hoogland, K. & Dolk, M. (2010). A decade of PMRI in Indonesia. Bandung-Utrecht: APS International.
Sirate, F. S. (2012). Implementasi Etnomatematika Dalam Pembelajaran Matematika Pada Jenjang Sekolah Dasar. Lentera Pendidikan, 15(1), 41-45.
Tyaningsih, R. Y., Salsabila, N. H., Samijo, S., & Jatmiko, J. (2020). Pengembangan MUPEL (Multimedia Peluang) Berbasis Etnomatematika Dalam Permainan Tradisional Anak (Dakon). Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 6(1), 39-53. https://doi.org/10.29407/jmen.v6i1.14255
Wahyuni, A., Tias, A. A. W., Sani, B. (2013). Peran Etnomatematika dalam Membangun Karakter Bangsa. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY Yogyakarta, hal. MP-114-MP-118, ISBN: 978-979-16353-9-49, November 2013.
Zulaekhoh, D. & Hakim, A. R. (2021). Analisi Kajian Etnomatematika Pada Pembelajaran Matematika Merujuk Budaya Jawa. Jurnal Pendidikan Tematik, 2(2), 216-2024. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/54570
Copyright (c) 2025 FRAKTAL: JURNAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs E-Journal Fraktal ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal Fraktal berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.
Dionisius Asa Balibo(1*)








