Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Discovery Learning Berbantuan PPT Interaktif Pada Materi Peluang
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Kupang Tengah, khususnya pada materi peluang yang masih rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Kupang Tengah pada materi peluang.Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengacu pada model Kemmis & Mc Taggart, yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: 1) perencanaan; 2) pelaksanaan; 3) pengamatan; dan 4) refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian yaitu observasi dan tes sedangkan analisis datanya berupa deskriptif kualitatif dan kuantitatif.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada siklus I adalah 60% meningkat menjadi 86,6% pada siklus II, nilai keterlaksanaan observasi aktivitas guru mengajar pada siklus I dan siklus II adalah 100% , dan nilai keterlaksanaan aktivitas siswa pada sisklus I adalah 85,71% meningkat menjadi 100% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning dengan berbantua PPT interaktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Kupang Tengah pada materi peluang.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Ana. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajaran Siswa Di Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan.
Bagja, S. W., & Yuliana, D. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Pendidikan.
Damayanti, E., Susiswo, S., & Sa’dijah, C. (2022). Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(1), 1–15. https://doi.org/10.26594/jmpm.v7i1.2595
Deliana, T. (2019). Penerapan Model Discovery Learning Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII A SMP Negeri 2 Rengat Barat Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Mitra Pendidikan, 3(10), 1331–1343. http://ejurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/631
Febriyanti, Chatarina, & Seruni. (2014). “Pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa”. Jurnal Riset Pendidikan Matematika.
Fahrurozi. (2017). Metode Pembelajaran Matematika. Pancor Selong Lombok Timor NTB: Universitas Hamzanwadi Press.
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengaja. Bandung: Pustaka Setia.
Hamzah, B. Uno. (2006). Mengelolah Kecerdasan dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Askara
Kemmis, S. & Mc. Taggart, R. (1988). The Action Research Planner. Viktoria: Deakin University Press.
Masykur, Moch, Abdul Halim. (2008). Mathematical Intelegence. Yogyakarta: ARRuzz Media.
Ridwan & Akdon. (2007). Rumus dan Data Dalam Analisis Statistika Bandung: Alfabeta.
Supratiknya. (2012). Penilaian Hasil Belajar Dengan Teknik Nontes. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekata Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.s
Shanaky, H. (2013). Media Pembelajaran interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba.
Suharaini (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Askara.
Suharsimi. 2007. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs E-Journal Fraktal ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal Fraktal berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.