Desain Pembelajaran Berdiferensiasi pada Materi Lingkaran Kelas VIII di SMP Negeri 5 Kupang

  • Ayuasyari Narang Lobang(1*)
    Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Pembelajaran Berdiferensiasi, Sudut Pusat dan Sudut Keliling

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendesaian pembelajaran berdiferensiasi pada materi lingkaran kelas VIII di SMP Negeri 5 Kupang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian design research yang terdiri dari 3 tahapan yaitu preparing and design phase, teaching experiment phase, retrospective analysis phase. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, dan observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah kualitatif kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari hasil observasi dan wawancara, sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil tes yang melibatkan menghitung persentase tes asesmen diagnostik, persentase tes asesmen formatif, persentase observasi siswa, dan sembilan orang peserta didik pada siklus pilot experiment dan 26 orang peserta didik pada siklus teaching experiment. Penelitian ini bertempat di SMP Negeri 5 Kupang dan fokus penelitian ini adalah siswa kelas VIII Terbuka.

Penelitian ini menghasilkan suatu desain pembelajaran berdiferensiasi konten pada materi lingkaran terkhususnya sudut pusat dan sudut keliling. Pada pembelajaran berdiferensiasi terdapat dua kegiatan yaitu kegiatan satu peserta didik diminta untuk menjelaskan definisi dari sudut pusat dan sudut keliling dan kegiatan dua peserta didik diminta untuk menentukan besar sudut pusat dan sudut keliling. 

Kata Kunci: Pembelajaran Berdiferensiasi, Sudut Pusat dan Sudut Keliling

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bees, Y. A., Dao Samo, D., & Nubatonis, O. E. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IX SMP Angkasa Kupang pada Materi Kesebangunan dan Kekongruenan Berbantuan E-Book Interaktif. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(2), 27–39.
Bulu, V. R. (2023). Pengaruh Strategi Pembelajaran Diferensiasi tehadap Hasil Belajar Matematika. HINEF : Jurnal Rumpun Ilmu Pendidikan, 2(2), 70–75.
Gusteti, M. U., & Neviyarni, N. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi pada Pembelajaran Matematika di Kurikulum Merdeka. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(3), 636–646.
Halimah, N., Hardiyanto, & Rusdinal. (2023). Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi sebagai Bentuk Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka. Pendas: Jurnal Pendidikan Dasar, 08(01), 1–15. https://ejournal.uit-lirboyo.ac.id/index.php/pgmi/article/view/3513/1247
Lello, M. L. A., Nenohai, J. M. H., & Nubatonis, O. E. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Video Animasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Reformasi Plus Noelbaki. 4(2), 1–7.
Nubatonis, O. E. (2022). Pelatihan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Tematik dengan Pendekatan Matematika Realistik bagi Guru-Guru SD Negeri Angkasa dan SDK ST. Arnoldus. Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat, 3(1), 8–16.
Pitaloka, H., & Arsanti, M. (2022). Pembelajaran diferensiasi dalam kurikulum merdeka 1. (Vol. 4, N.

PlumX Metrics

Published
2025-11-29
How to Cite
Lobang, A. (2025). Desain Pembelajaran Berdiferensiasi pada Materi Lingkaran Kelas VIII di SMP Negeri 5 Kupang. FRAKTAL: JURNAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA, 6(2), 34-46. https://doi.org/10.35508/fractal.v6i2.17062
Section
Articles