Desain Pembelajaran Berdiferensiasi pada Materi Lingkaran Kelas VIII di SMP Negeri 5 Kupang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendesaian pembelajaran berdiferensiasi pada materi lingkaran kelas VIII di SMP Negeri 5 Kupang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian design research yang terdiri dari 3 tahapan yaitu preparing and design phase, teaching experiment phase, retrospective analysis phase. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, dan observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah kualitatif kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari hasil observasi dan wawancara, sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil tes yang melibatkan menghitung persentase tes asesmen diagnostik, persentase tes asesmen formatif, persentase observasi siswa, dan sembilan orang peserta didik pada siklus pilot experiment dan 26 orang peserta didik pada siklus teaching experiment. Penelitian ini bertempat di SMP Negeri 5 Kupang dan fokus penelitian ini adalah siswa kelas VIII Terbuka.
Penelitian ini menghasilkan suatu desain pembelajaran berdiferensiasi konten pada materi lingkaran terkhususnya sudut pusat dan sudut keliling. Pada pembelajaran berdiferensiasi terdapat dua kegiatan yaitu kegiatan satu peserta didik diminta untuk menjelaskan definisi dari sudut pusat dan sudut keliling dan kegiatan dua peserta didik diminta untuk menentukan besar sudut pusat dan sudut keliling.
Kata Kunci: Pembelajaran Berdiferensiasi, Sudut Pusat dan Sudut Keliling
Downloads
References
Bulu, V. R. (2023). Pengaruh Strategi Pembelajaran Diferensiasi tehadap Hasil Belajar Matematika. HINEF : Jurnal Rumpun Ilmu Pendidikan, 2(2), 70–75.
Gusteti, M. U., & Neviyarni, N. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi pada Pembelajaran Matematika di Kurikulum Merdeka. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(3), 636–646.
Halimah, N., Hardiyanto, & Rusdinal. (2023). Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi sebagai Bentuk Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka. Pendas: Jurnal Pendidikan Dasar, 08(01), 1–15. https://ejournal.uit-lirboyo.ac.id/index.php/pgmi/article/view/3513/1247
Lello, M. L. A., Nenohai, J. M. H., & Nubatonis, O. E. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Video Animasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Reformasi Plus Noelbaki. 4(2), 1–7.
Nubatonis, O. E. (2022). Pelatihan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Tematik dengan Pendekatan Matematika Realistik bagi Guru-Guru SD Negeri Angkasa dan SDK ST. Arnoldus. Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat, 3(1), 8–16.
Pitaloka, H., & Arsanti, M. (2022). Pembelajaran diferensiasi dalam kurikulum merdeka 1. (Vol. 4, N.
Copyright (c) 2025 FRAKTAL: JURNAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs E-Journal Fraktal ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal Fraktal berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.
Ayuasyari Narang Lobang(1*)








