Eksplorasi Etnomatematika Pada Ritual Berladang (Kudja Ma) Di Desa Bolou Kecamatan Sabu Timur Dan Integrasinya Dalam Pembelajaran Matematika

  • Mercy Astrina Ly(1*)
    Universitas Nusa Cendana
  • Wara Sabon Dominikus(2)
    Universitas Nusa Cendana
  • Juliana M. H. Nenohai(3)
  • (*) Corresponding Author

Abstract

Matematika dan budaya adalah sesuatu yang penting dalam kehidupan sehari-hari dan saling berkaitan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan matematika dalam budaya ritual Kudja Ma di Desa Bolou Kecamatan Sabu Timur serta menyusun perangkat pembelajaran untuk beberapa konsep matematika yang ditemukan. Penelitian ini dilakukan di Desa Bolou Kecamatan Sabu Timur, dengan informan sebanyak 4 orang. Jenis penelitiannya deskriptif kualitatif dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Instrumen utama adalah peneliti sendiri, yang berperan mengumpulkan data melalui metode yang ada. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Data diidentifikasi dan dianalisis menggunakan karakteristik-karakteristik etnomatematika dengan berlandaskan pada model Miles dan Huberman, kemudian dihubungkan dengan konsep matematika sekolah. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, ditemukan etnomatematika yang terkandung dalam ritual Kudja Ma berupa aktivitas. Dari aktivitas-aktivitas tersebut, maka dapat diidentifikasi konsep-konsep matematika didalamnya yang meliputi konsep perkalian sebagai penjumlahan berulang, pengukuran dengan satuan tidak baku, geometri, pola bilangan, transformasi geometri, dan geometri bangun datar. Pada penelitian ini, perangkat pembelajaran bentuk geometri dan pola bilangan konsep perbandingan senilai dan dipilih untuk dirancang sebagai salah satu contoh perangkat pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.

References

Banoet, M. R., Dominikus, W. S., & Nenohai, J. M. H. (2022). Etnomatematika Dalam Aktivitas Berladang Masyarakat Di Kecamatan Tobu Dan Integrasinya Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 43–51.
Dominikus, W. S. (2018). Etnomatematika Adonara. Malang: Media Nusa Creative, 21.
Madu, A. (2024). Merangkul Diversitas Budaya melalui Matematika: Pendekatan Ethnomatematika dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 6(1), 39-48.
Putra, R. W. Y., & Indriani, P. (2017). Implementasi Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal dalam Pembelajaran Matematika pada Jenjang Sekolah Dasar. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9-14.

PlumX Metrics

Published
2024-11-29
How to Cite
Ly, M., Dominikus, W., & Nenohai, J. (2024). Eksplorasi Etnomatematika Pada Ritual Berladang (Kudja Ma) Di Desa Bolou Kecamatan Sabu Timur Dan Integrasinya Dalam Pembelajaran Matematika. FRAKTAL: JURNAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA, 5(2), 56-64. https://doi.org/10.35508/fractal.v5i2.17874
Section
Articles