Eksplorasi Etnomatematika Pada Ritual Berladang (Kudja Ma) Di Desa Bolou Kecamatan Sabu Timur Dan Integrasinya Dalam Pembelajaran Matematika
Abstract
Matematika dan budaya adalah sesuatu yang penting dalam kehidupan sehari-hari dan saling berkaitan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan matematika dalam budaya ritual Kudja Ma di Desa Bolou Kecamatan Sabu Timur serta menyusun perangkat pembelajaran untuk beberapa konsep matematika yang ditemukan. Penelitian ini dilakukan di Desa Bolou Kecamatan Sabu Timur, dengan informan sebanyak 4 orang. Jenis penelitiannya deskriptif kualitatif dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Instrumen utama adalah peneliti sendiri, yang berperan mengumpulkan data melalui metode yang ada. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Data diidentifikasi dan dianalisis menggunakan karakteristik-karakteristik etnomatematika dengan berlandaskan pada model Miles dan Huberman, kemudian dihubungkan dengan konsep matematika sekolah. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, ditemukan etnomatematika yang terkandung dalam ritual Kudja Ma berupa aktivitas. Dari aktivitas-aktivitas tersebut, maka dapat diidentifikasi konsep-konsep matematika didalamnya yang meliputi konsep perkalian sebagai penjumlahan berulang, pengukuran dengan satuan tidak baku, geometri, pola bilangan, transformasi geometri, dan geometri bangun datar. Pada penelitian ini, perangkat pembelajaran bentuk geometri dan pola bilangan konsep perbandingan senilai dan dipilih untuk dirancang sebagai salah satu contoh perangkat pembelajaran
Downloads
References
Dominikus, W. S. (2018). Etnomatematika Adonara. Malang: Media Nusa Creative, 21.
Madu, A. (2024). Merangkul Diversitas Budaya melalui Matematika: Pendekatan Ethnomatematika dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 6(1), 39-48.
Putra, R. W. Y., & Indriani, P. (2017). Implementasi Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal dalam Pembelajaran Matematika pada Jenjang Sekolah Dasar. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9-14.
Copyright (c) 2024 FRAKTAL: JURNAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs E-Journal Fraktal ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal Fraktal berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.