Eksplorasi Etnomatematika Pada Kain Tenun Songke Manggarai Dan Integrasinya Dalam Pembelajaran Matematika
Abstract
The connection between mathematics and culture is a strong foundation for enriching the mathematics learning process. Therefore, it is hoped that school mathematics learning activities can be better adapted to the cultural context of students so that mathematics can be more easily understood by students. One cultural context that can be used is the ethnomathematics of Songke Manggarai woven cloth. The type of research used in this research is qualitative research with a qualitative descriptive research method with an ethnographic approach. In this research, the instruments used were interviews and observations. Data collection techniques in this research consist of observation, interviews and documentation. The data analysis technique used in this research is the interactive model from Miles & Huberman (1994), which states that the data collection stage consists of three activities that occur simultaneously, namely data reduction, data presentation, and conclusion drawing/verification. Based on the results of this ethnomathematics exploration research, it can be concluded that there are mathematical concepts in the Songke Manggarai woven cloth of Golo Ronggot Village, both in the initial process and in the stages of the weaving process.
Downloads
References
Depdiknas. (2003). Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas. (2006). Undang-Undang RI Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.
Dominikus, W. S. (2021). Hubungan Etnomatematika Adonara dan Matematika Sekola: Etnografi Matematika di Adonara. Media Nusa Creative (MNC Publishing).
Durman, K. H. (2024). FUNGSI DAN MAKNA KAIN TENUN SONGKE SEBAGAI SIMBOL MASYARAKAT MANGGARAI, FLORES NUSA TENGGARA TIMUR (Doctoral dissertation, Universitas Mahasaraswati Denpasar).
Janggur, Petrus. 2010. Butir-butir Adat Manggarai Ruteng: Yayasan Siri Bongkok.
Juano, A., & Jediut, M. (2019). eksplorasi etnomatematika dan hubungannya dengan konsep geometri pada matematika sekolah dasar dalam budaya masyarakat Manggarai. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 11(2), 270–278.
Madu, A. (2024). Merangkul Diversitas Budaya Melalui Matematika: Pendekatan Ethnomatematika dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 6(1), 39-48.
Maure, O. P., & Jenahut, K. S. (2022). Etnomatematika sistem bilangan masyarakat Manggarai Timur dan masyarakat Timor Tengah Selatan. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 3514–3524.
Maure, O. P., & Ningsi, G. P. (2018). Ekplorasi etnomatematika pada tarian caci masyarakat Manggarai nusa tenggara timur.
Miles, M. B., & Huberman, M. (1994). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber yang Diperluas. Sage Publications.
Talan, K. Y. P., Nubatonis, O. E., & Dominikus, W. S. (2021, December). Eksplorasi etnomatematika dalam aktivitas menenun di kecamatan amarasi barat dan integrasinya dalam pembelajaran matematika. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN MATEMATIKA (SEMNASDIKA) 1 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA, UNIVERSITAS TIMOR (Vol. 1, pp. 45-50).
Copyright (c) 2025 FRAKTAL: JURNAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs E-Journal Fraktal ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal Fraktal berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.
Timoteus Windy Hepy(1*)








