Etnomatematika Kampung Adat Takpala: Numerasi Pada Posisi Jari Tangan

  • Carolin Dwija Novandini(1)
    Universitas Nusa Cendana
  • Andrian Runtius Lalang(2*)
    Universitas San Pedro
  • Beatrix Purnama Sari(3)
    Universitas San Pedro
  • (*) Corresponding Author
Kata Kunci: etnomatematika, jari tangan, Kampung Adat Takpala.

Abstrak

Penerapan etnomatematika pada masyarakat Kampung Adat Takpala dalam penelitian ini difokuskan pada posisi jari tangan masyarakat adat dalam membilang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis bilangan yang digunakan oleh masyarakat adat berdasarkan posisi jari tangan dalam keseharian. Untuk mengetahui jenis bilangan yang dimaksud, penelitian ini menggunakan metode etnografi. Diperoleh bahwa pada penggunaan posisi jari tangan dalam membilang yang dilakukan masyarakat Kampung Adat Takpala terdapat bilangan modulo 10 dan modulo 5 (modulo 10-5). Berdasarkan posisi jari tangan tersebut, diperoleh pemodelan matematika berupa: “untuk setiap  dan  berlaku ”.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Ascher, M., & Ascher, R. (1986). Ethnomathematics. History of Science, 24(2), 125–144. https://doi.org/10.1177/007327538602400202
Barton, B. (1996). Making Sense of Ethnomathematics: Ethnomathematics is Making Sense. Educational Studies in Mathematics, 31(1–2), 201–233.
Bishop, A. J. (1988). The Interaction of Mathematics Education With Culture. Culture Dynamics, 145–157.
D’Ambrosio, U. (1985). Ethnomathematics and Its Place in The History and Pedagogy of Mathematics. Source: For the Learning of Mathematics, 5(1), 44–48.
Eky, F. S., Saragi, R., Mantolas, C. M., & Lanata, O. (2019). Development of Community-Based Tourism in Kampung Adat Takpala, Alor, Indonesia. International Conference on Engineering, Science and Commerce (ICESC), 1. https://doi.org/10.4108/eai.18-10-2019.2289943
Gerdes, P. (1988). On Possible Use of Traditional Angolan Sand Drawings in The Mathematics Classrom. Educatioal Studies in Mathematics.
Kusmayadi, & Vindianingsih, V. (2018). Analisis Kearifan Lokal Kampung Tradisional Takpala Sebagai Daya Tarik Wisatawan di Kabupaten Alor Nusa Tenggara Timur. Jurnal Sains Terapan Pariwisata, 3(1), 85–104.
Lalang, A. R. (2022). Etnomatematika Kampung Adat Takpala dan Kaitannya dengan Matematika Sekolah. Universitas Negeri Malang.
Lalang, A. R., Parta, I. N., & Sisworo. (2021). Pengetahuan Matematika Pada Kegiatan Membilang Oleh Masyarakat Kampung Adat Takpala. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 6(12), 1–9.
Pardi, A., & Jesus, E. (1999). What Is Etnomathematics and Why Shoul We Teach It? Educational Resources Information Center (ERIC).
Rosa, M., & Gavarrete, M. E. (2017). An Ethnomathematics Overview: An Introduction. International Congres on Mathematical Education-13 Monograph, 3–19. https://doi.org/10.1007/978-3-319-59220-6_1

PlumX Metrics

Diterbitkan
2025-06-20
Bagian
Articles