Etnomatematika Kampung Adat Takpala: Numerasi Pada Posisi Jari Tangan
Abstrak
Penerapan etnomatematika pada masyarakat Kampung Adat Takpala dalam penelitian ini difokuskan pada posisi jari tangan masyarakat adat dalam membilang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis bilangan yang digunakan oleh masyarakat adat berdasarkan posisi jari tangan dalam keseharian. Untuk mengetahui jenis bilangan yang dimaksud, penelitian ini menggunakan metode etnografi. Diperoleh bahwa pada penggunaan posisi jari tangan dalam membilang yang dilakukan masyarakat Kampung Adat Takpala terdapat bilangan modulo 10 dan modulo 5 (modulo 10-5). Berdasarkan posisi jari tangan tersebut, diperoleh pemodelan matematika berupa: “untuk setiap dan berlaku ”.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Barton, B. (1996). Making Sense of Ethnomathematics: Ethnomathematics is Making Sense. Educational Studies in Mathematics, 31(1–2), 201–233.
Bishop, A. J. (1988). The Interaction of Mathematics Education With Culture. Culture Dynamics, 145–157.
D’Ambrosio, U. (1985). Ethnomathematics and Its Place in The History and Pedagogy of Mathematics. Source: For the Learning of Mathematics, 5(1), 44–48.
Eky, F. S., Saragi, R., Mantolas, C. M., & Lanata, O. (2019). Development of Community-Based Tourism in Kampung Adat Takpala, Alor, Indonesia. International Conference on Engineering, Science and Commerce (ICESC), 1. https://doi.org/10.4108/eai.18-10-2019.2289943
Gerdes, P. (1988). On Possible Use of Traditional Angolan Sand Drawings in The Mathematics Classrom. Educatioal Studies in Mathematics.
Kusmayadi, & Vindianingsih, V. (2018). Analisis Kearifan Lokal Kampung Tradisional Takpala Sebagai Daya Tarik Wisatawan di Kabupaten Alor Nusa Tenggara Timur. Jurnal Sains Terapan Pariwisata, 3(1), 85–104.
Lalang, A. R. (2022). Etnomatematika Kampung Adat Takpala dan Kaitannya dengan Matematika Sekolah. Universitas Negeri Malang.
Lalang, A. R., Parta, I. N., & Sisworo. (2021). Pengetahuan Matematika Pada Kegiatan Membilang Oleh Masyarakat Kampung Adat Takpala. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 6(12), 1–9.
Pardi, A., & Jesus, E. (1999). What Is Etnomathematics and Why Shoul We Teach It? Educational Resources Information Center (ERIC).
Rosa, M., & Gavarrete, M. E. (2017). An Ethnomathematics Overview: An Introduction. International Congres on Mathematical Education-13 Monograph, 3–19. https://doi.org/10.1007/978-3-319-59220-6_1
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs E-Journal Fraktal ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal Fraktal berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.
Carolin Dwija Novandini(1)








