Pengaruh Gaya Hidup Dan Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika
Abstract
The objective of this research is to determine whether lifestyle significantly affects learning motivation. This study employed a quantitative approach with an ex post facto design, involving 54 randomly selected respondents. Data were collected using questionnaires distributed via Google Form and analyzed using simple linear regression and ANOVA tests. The results showed no significant effect of lifestyle on students’ learning motivation. Although the relationship direction appeared negative, the influence was very weak and statistically insignificant. These findings indicate that lifestyle is not a major factor in shaping students’ learning motivation. Future research is recommended to explore other variables such as academic goals, learning interest, and social support as more relevant predictors of learning motivation
Downloads
References
Amiruddin, T., & Basri, B. (2022). Analisis Statistik Parametrik. In Yayasan Khalifah Cendekia Mandiri. Makasar: Yayasan Khalifah Cendekia Mandiri. Retrieved from http://eprints.unm.ac.id/32291/1/Buku penelitian dan statistik 20123 Final Editing.pdf
Azis, T. Z., Rahmawati, I. Y., Purwidianti, W., & Utami, R. F. (2025). Pengaruh Literasi Keuangan, Lingkungan Sosial, Gaya Hidup dan Pengetahuan Keuangan Terhadap Perencanaan Keungan Pribadi Mahasiswa. COSTING: Journal of Economic, Business and Accounting, 8(1).
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hasanah, U., Fatonah, I., Chasanatin, H., & Deiniatur, M. (2019). Psikologi Pendidikan. In P. R. Persada (Ed.), Sustainability (Switzerland) (Vol. 11). Depok.
Ikhwandari, L. A., Hardjono, N., & Airlanda, G. S. (2019). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Dengan Model Numbered Heads Together (Nht). Jurnal Basicedu, 3(4), 2101–2112. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.283
Krismony, N. P. A., Parmiti, D. P., & Japa, I. G. N. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Untuk Mengukur Motivasi Belajar Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2). https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.28264
Malay, M. N. (2022). Belajar Mudah & Praktis Analisis Data dengan SPSS dan JAPS. Bandar lampung: cv. Madani Jaya.
Nadhif, L., Amir, U., Susilo, A. T., & Dewantoro, A. (2023). Pengaruh Gaya Hidup Hedonisme Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Bidikmisi di Surakarta. Jurnal Psikoedukasi Dan Konseling, 7(2).
Priyatno, D. (2014). SPSS Analisis Statistik Data Lebih Cepat, Efisien dan Akurat. Yogyakarta: Mediakom.
Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DASAR “Merdeka Belajar Dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0", 289–302. Gorontalo. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i3.843
Ramadhan, D. R., & Nasir, M. (2024). Pengaruh Kemudahan, Fitur Layanan dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Penggunaan Aplikasi E-Wallet Dana pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Muhammadiyah. COSTING: Journal of Economic, Business and Accounting, 7(6).
Setiadi, N. J. (2019). Perilaku Konsumen Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan dan Keinginan Konsumen. Jakarta: PrenadaMedia Group.
Setianingsih, E. S. (2019). Wabah Gaya Hidup Hedonisme Mengancam Moral Anak. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 8(2), 130. https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v8i2.2844
Shiega, F., Purba, M. I., Winston, J., & Aliah, N. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan, Gaya Hidup dan Electronic Money Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Generasi Gen-Z. Volume, A. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan, Gaya Hidup Dan Electronic Money Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Generasi Gen-Z. 7., 7(5).
Sholeh, A. (2017). The Relationship among Hedonistic Lifestyle, Life Satisfaction, and Happiness on College Students. International Journal of Social Science and Humanity, 7(9).
Siregar, F. H. (2012). Diktat: Psikologi Konsumen. In Universitas Medan Area. Medan: Universitas Medan Area.
Sugiyono. (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta, CV.
Vianora, M. (2019). Pengaruh Gaya Hidup Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. JESS (Journal of Education on Social Science), 3(1), 34. https://doi.org/10.24036/jess/vol3-iss1/154
Widodo, D. L., & Sumanto, A. (2022). Filosofi Hidup Sehat. Yogyakarta: Alineaku.
Yuliany, N., & Rahmatia, R. (2020). Pengaruh Pendapatan, Gaya Hidup, Dan Jenis Kelamin Terhadap Konsumsi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika Uin Alauddin Makassar. Jurnal Ekonomi Pembangunan STIE Muhammadiyah Palopo, 6(1). https://doi.org/10.35906/jep01.v6i1.464
Copyright (c) 2025 FRAKTAL: JURNAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs E-Journal Fraktal ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal Fraktal berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.
Adinda Aisyah(1*)








