Implementasi Media Susat Suling untuk Mendukung Pemahaman Konsep Hubungan Sudut Pusat dan Sudut Keliling Lingkaran
Abstract
This study aims to describe the implementation of the Susat Suling media based on GeoGebra in supporting students’ understanding of the relationship between central angles and inscribed angles in circles. A descriptive quantitative method with a one-shot case study design was employed. The subjects of this study were 35 students from class XI IPS 1 at MAN 1 Lamongan. The instruments used included validation sheets and learning outcome tests. Expert validation results indicated that the Susat Suling media achieved a feasibility score of 87.7%, which falls into the 'Highly Feasible' category. Following its implementation in the classroom, data showed that 82.9% of students scored ≥70 on the post-test. These results suggest that the media effectively facilitated students’ understanding of the central and inscribed angle concepts in a more concrete and interactive manner. Thus, Susat Suling can serve as an innovative alternative for visual-based mathematics instruction
Downloads
References
Fatihah, A., & Yahfizham, Y. (2024). Penerapan Geogebra Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Pembelajaran Matematika. PENDEKAR: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 2(3), 117127. https://myjms.mohe.gov.my/index.php/jdpd/article/view/10334/4888
Guru Pendidikan. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif.
Isman, M. N. (2016). Pemanfaatan Program Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika. Delta-Pi : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 10–19.
Jannah, K. A. M., Aiman, U., Hasda, S., Fadilla, Z., Ardiawan, T. M. K. N., & Sari, M. E. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif Metodologi Penelitian Kuantitatif. In Metodologi Penelitian Kuantitatif (Issue May).
Konsep, P. (n.d.). | i.
Meilindawati, R., Zainuri, Z., & Hidayah, I. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Augmented Reality (Ar) Dalam Pembelajaran Matematika. JURNAL E-DuMath, 9(1), 55–62. https://doi.org/10.52657/je.v9i1.1941
Nur, I. M. (2017). Pemanfaatan Program Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 1–10. https://doi.org/10.33387/dpi.v5i1.236
Permana, D. L. (2023). ANALISIS KESULITAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN DI MTs DAARUL MUQIMIEN. IRWASITA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 29–34.
Radiusman, R. (2020). Studi Literasi: Pemahaman Konsep Anak Pada Pembelajaran Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 1. https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.1-8
Rahadyan, A., Hartuti, P. M., & Awaludin, A. A. R. (2018). Penggunaan Aplikasi Geogebra dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(01), 11. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v1i01.2356
Saleh & Syahruddin, D. (2023). Media Pembelajaran. 1–77. https://repository.penerbiteureka.com/publications/563021/media-pembelajaran
Sengkey, D. J., Deniyanti Sampoerno, P., & Aziz, T. A. (2023). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis: Sebuah Kajian Literatur. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(1), 67–75. https://doi.org/10.29303/griya.v3i1.265
Sihombing, J. M., Syahrial, S., & Manurung, U. S. (2023). Kesulitan Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika Materi Perkalian dan Pembagian di Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 7(3), 1003–1016. https://doi.org/10.26811/didaktika.v7i3.1177
Sinaga, W., Parhusip, B. H., Tarigan, R., & Sitepu, S. (2021). Perkembangan Matematika Dalam Filsafat dan Aliran Formalisme Yang Terkandung Dalam Filsafat Matematika [The Development of Mathematics in Philosophy and the School of Formalism Contained in Mathematical Philosophy]. SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied, 02(02), 17–22.
Suryawan, I. P. P., & Permana, D. (2020). Geogebra dan pemahaman konsep. Prisma, 9(1), 108–117.
Wangge, M. (2020). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis ICT dalam Proses Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah. Fraktal: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 31–38. https://doi.org/10.35508/fractal.v1i1.2793
Yogyakarta, K. (2024). PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS DISCOVERY LEARNING PESERTA DIDIK KELAS XI Dhea Ika Felisa * Pendidikan Matematika , Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan , UIN Sunan Nurul Arfinanti Pendidikan Matematika , Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan , UIN Sunan Pendidik. 16(2), 147–168.
Copyright (c) 2025 FRAKTAL: JURNAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs E-Journal Fraktal ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal Fraktal berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.
Ahmad Riyan Maulana(1*)








