Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Kelas VII Pada Materi Bilangan Bulat
Abstract
This study aims to examine the mathematical problem-solving abilities of seventh-grade junior high school students on the topic of integers. A descriptive qualitative approach was employed, involving 36 students from a public junior high school in Kampar Regency. Data were collected through three specially designed written test items and semi-structured interviews to explore students' thinking processes. The results show that students’ abilities can be categorized into three levels: high (13.89%), moderate (69.44%), and low (16.67%). Students in the high category demonstrated systematic steps and critical reflection. Those in the moderate category generally understood the problems but often made mistakes in selecting and applying appropriate strategies and showed a lack of accuracy. Students in the low category struggled at almost every stage of problem-solving. Contributing factors include understanding of basic mathematical concepts, strategy selection, accuracy, and clarity of the problem statements. The study recommends the use of contextual and reflective learning approaches to enhance students' mathematical problem-solving skills.
Keywords: Problem-solving, Integritas, Mathematics, Contextual learning.
Downloads
References
Abdur Rofiq, Atmadi, Ayuni, Siti Nurazizah, N. (2023). MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI BILANGAN BULAT MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH.
Aini, W. N., Suriyah, P., dan Rahmawati, O. I. (2023). Analisis kemampuan pemecahan masalah dalam bahan operasi bilangan bulat. Dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FPMIPA (Vol. 1, hlm. 1-14).
Bhayangkari, M., dan Anawati, S. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika berdasarkan langkah-langkah polia pada topik bilangan bulat. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 6(1).
Febrianto, J., Fendiyanto, P., Suriaty, S., dan Kukuh, K. (2023). Kemampuan siswa untuk memecahkan masalah matematika dalam materi bilangan bulat dan fraksional. Dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman (Vol. 3, hlm. 204–210).
Hamapinda, E., Ngaba, AL, dan Nuhamara, Y. T. I. (2021). Analyst Kemampuan Pemecahan Masalah Mathematics Siswa Kelas VII pada Materi Operasi Bilangan Bulat Analisis siswa Matematika Kemampuan pemecahan masalah Kelas VII pada materi operasi bilangan bulat. Jurnal Pendidikan Matematika, 11 (Juli), 46–54.
Haryoko, S., Bahartiar, dan Arwadi, F. (2020). Analisis data penelitian kualitatif (konsep, teknik, dan prosedur analisis).
John W. Creswell, JDC (2018). Desain penelitian pendekatan metode kualitatif, kuantitatif dan campuran. Pusat Penulisan berbicara tentang waktu. https://doi.org/10.4324/9780429469237-3
Khadijah, S. (2024). Analisis Big Data untuk Pengambilan Keputusan Keuangan di Malaysia.
Jurnal Teknologi Komputer dan Teknik Asia, 5(2), 1–10. https://doi.org/10.47604/ajcet.2811
Mariani, D., dan Dewi, U. (2025). Tinjauan Literatur: Efek model pembelajaran berbasis masalah yang dibantu oleh kelas terbalik pada kemampuan berpikir kreatif matematika. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(1), 75–90.
Maulinisa, DN (2023). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika ditinjau dari kepercayaan pada materi bilangan bulat. Jurnal Pendidikan Matematika, 51–62.
Melindarwati, T., dan Munandar, DR (2022). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP dalam memecahkan materi bilangan bulat. Jurnal TEOREMS (Penelitian Matematika Asli), 7(1), 13.
Muhtarom, M., Sholihah, EP, dan Sutrisno, S. (2023). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dalam materi bilangan bulat ditinjau dari adversity quotient. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Matematika, Matematika, dan Statistik, 4(2), 1258–1273. https://doi.org/10.46306/lb.v4i2.365
Nayla Desviona, Marwah Masruroh, Anisa Rahmawati, Ri. C. U. (2024). Penerapan Matematika dalam Kehidupan Sehari-hari: Pelatihan dan Lokakarya untuk Masyarakat Umum, 5(3), 4665–4670.
Nishlakh, Z., Cahyani, P., Maharani, AI, dan Ermawati, D. (2023). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DALAM MATEMATIKA MENGAJARKAN
MATERI BILANGAN BULAT KELAS IV SDN 1 HALAMAN. Jurnal Pendidikan Dasar dan Humaniora Sosial, 2(9), 1307–1314.
Pramita, H. L., Mujib, A., dan Zahari, C. L. (2022). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP melalui pembelajaran berbasis masalah di masa pandemi Covid 19. Jurnal MatematikaPendidikan Nusantara, 5(1), 102. https://doi.org/10.54314/jmn.v5i1.287
Putri, TE (2025). Analisis keterampilan pemecahan masalah dalam pembelajaran diferensiasi materi bilangan bulat di SMP Negeri 1 Sungai Kakap, 6(22), 49–57.
Rinowati, A., Utami, R. E., Purwati, H., dan Winanti, K. (2024). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika siswa ditinjau dari kegiatan pembelajaran. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 1–10.
Sumba, I., Mohidin, AD, dan Zakiyah, S. (2022). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika melalui penugasan proyek pada bahan bilangan bulat di SMP Negeri 1 Limboto. Euler: Jurnal Ilmiah Matematika, Sains, dan Teknologi, 10(1), 1–6. https://doi.org/10.34312/euler.v10i1.12952
Syamsuadi, A., Darmadi, MF, dan Dassa, A. (2021). Analisis kesalahan siswa dalam memecahkan pertanyaan Spldv berorientasi Pisa dengan konten perubahan dan hubungan di Kelas VIII SMP Unismuh Makassar. Sigma: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 103–118. https://doi.org/10.26618/sigma.v13i2.6316
Teluma, TLB, dan Towe, MM (2024). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH
MATEMATIKA SISWA PADA MATERI BILANGAN BULAT DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA YANG REALISTIS. Jurnal Ilmu Naratif, 5(4).
Tohir, M. (2019). Hasil PISA Indonesia pada tahun 2018 lebih rendah dari tahun 2015. Kerangka Sains Terbuka, 2 (Januari), 1–2. https://doi.org/10.17605/OSF.IO/8Q9VY
Zesmila, A. (2024). ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN OPERASI PERHITUNGAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Αγαη, 15(1), 37–48.
Copyright (c) 2025 FRAKTAL: JURNAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs E-Journal Fraktal ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal Fraktal berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.
Nurvani Yulia Dewi(1*)








