Efektivitas Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas VIII SMP Negeri 7 Kupang Pada Masa Pandemi Covid-19
Abstract
The Corona virus disease 2019 pandemic caused the government issued a policy that changed the habits of schooling in Indonesia which previously adopted face to face system into online learning. This suddenly in the learning process certainly affects the effectiveness of learning and on the process of running this online learning system there are obstacles experienced. The purpose of this study was to describe the effectiveness of online learning and to find out the obstacles in online learning in mathematics subject in VIII Class of SMP Negeri 7 Kupang during the covid 19 pandemic. This study uses a survey method with data collection techniques using a questionnaire in the google form. From the result of this research, online learning of mathematics subject in VIII Class of SMP Negeri 7 Kupang during the covid 19 pandemic was effective and the value of the effectiveness of online learning in mathematics subject was greater than 65. This can be seen from the result of the t test which shows that t count is 16.295 > t table is 1.6909, then Ho accepted and Ha rejected. From the result of the research and discussion it can be seen that the aspects that most support this effectiveness are aspect of motivation and interest. The obstacle that is most often experienced is the internet network which is difficult or sometimes interrupted.
Downloads
References
Aurora, A. & Effendi, H. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran E-learning terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa di Universitas Negeri Padang. JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 05(02), 11–16.
Azka, D. M. (2020). Problematika Pembelajaran Matematika di Era Pendemi Covid-19. (Online). Tersedia di https://manubanyuputih.id/problematika-pembelajaran-matematika-di-era-pendemi-covid-19/. Diakses tanggal 27 Oktober 2020
Budiman, dkk. (2020). 19 Covid- Pandemi dalam 19 Perspektif. Parepare: IAIN Parepare Nusantara Press
Hikmat, dkk. (2020). Efektivitas Pembalajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19: Sebuah Survey Online. UIN Sunan Gunung Djati Bandung. 1-7
Kemendikbud. (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19)
Lestari, W. D & Putra, E. D. (2020). Efektivitas Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Pemberian Tugas Google Form Di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Siswa.
Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi COVID-19 Pada Mata Pelajaran Matematika. SMA Negeri 1 Wajo, Sulawesi Selatan, 1-12
Naidah N. (2020). Covid-19 Merubah Lanskap Persekolahan di Indonesia. Publikasi, 5 Mei 2020.
Rachmat,A. & Krisnadi,I. (2020). Analisis Efektifitas Pembelajaran Daring (Online) Untuk Siswa SMK Negeri 8 Kota Tangerang Pada Saat Pandemi Covid 19. Magister Teknik Elektro Universitas Mercu Buana, 1-7
Utami, I T. (2020). Pengaruh Motivasi Intrinsik Dan Ekstrinsik Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Berbasis E-Learning Pada Matakuliah Pengetahuan Kesekretarisan Dan Praktik Kesekretarisan. Akademi Sekretari Budi Luhur, 1-19
Yensy, N. A. (2020). Efektifitas Pembelajaran Statistika Matematika melalui Media Whatsapp Group Ditinjau dari Hasil Belajar Mahasiswa (Masa Pandemik Covid 19). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu
Yunitasari, R. & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Masa COVID-19. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel, 1-12
Copyright (c) 2024 FRAKTAL: JURNAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs E-Journal Fraktal ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal Fraktal berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.