Implementasi Cooperative Learning Tipe STAD untuk Meningkatkan Sikap Matematika Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan sikap matematika siswa melalui implementasi cooperative learning tipe STAD. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Uji coba lapangan dilakukan pada siswa kelas VII SMP Negeri 12 Yogyakarta. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui pemberian tes, observasi, angket serta wawancara. Analisis data dilakukan dengan kualitatif yang meliputi langkah-langkah pengumpulan data, penyajian data, pengambilan simpulan dan analisis data observasi. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan pembelajaran pada presentase ≥ 80% dan dikatakan bahwa indikator keberhasilan pelaksanaan pembelajaran telah tercapai. Sikap matematika siswa dalam pembelajaran matematika ditunjukkan dengan kenaikan tingkat presentase skor angket ≥ 10% dan minimal kualifikasi presentase skor angket berada pada kategori cukup baik. Penelitian ini sangat direkomendasikan sebagai alternatif pembelajaran matematika untuk meningkatkan sikap matematika siswa, juga direkomendasikan pada guru yang mengembangkan model pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran matematika khususnya kemampuan afektif siswa.
Downloads
References
Anita, L. (2010). Kooperatif Learning. Jakarta: PT. Grasindo
Arends, R. I., & Kilcher, A. (2010). Teaching for student learning (Becoming an accomplished teacher). New York and London: Routledge Ratlor and Francis Group
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Sistem. Jakarta: Rineka Cipta
Kemmnis, S. Taggart R. (1988). The Action Research Planner. Victoria: Dearcin University Press
Popham, W. J. (1995). Classroom Assesment: What Teachers Need to Know. Boston: Allyn & Bacon
Slavin, R.E. (2005). Cooperative Learning. Sydney: Allyn and Bacon
Wiriaatmadja, R. (2009). Metode Penelitian Tindakan Kelas Untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Prosiding:
Rusgianto, H.S. (2006). Hubungan antara sikap terhadap matematika, kecerdasan emosional dalam interaksi sosial di kelas dengan hasil belajar matematika siswa smp negeri 5 yogyakarta tahun 2006. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2006: Vol 4. Trend Penelitian dan Pembelajaran Matematika di Era ICT, 63-102. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta
Artikel Jurnal:
Majoka., I.M., Dad., M.H., Mahmood., T. (2010). Student Team Achievement Division (STAD) as An Active Learning Strategy: Emperical Evidence From Mathematics Classroom. Journal Educations and Sociology, 3(2), 16-20
Rosita & Jaenudin. (2016). Implementasi Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Open Ended Terhadap Sikap Siswa. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 1(1), 1-24
Rosseta, Z. I. & Pietro, D. M. (2007). Attitude Toward Mathematics: Overcoming The Positive/Negative Dichotomy. Montana: The Montana Council Of teacher of mathematics, 1(3), 157-168
Sinaga, N. A. (2016). Pengembangan Tes Kemampuan Pemecahan Masalah dan Penalaran Matematika Siswa SMP Kelas VII. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 169-181.
Zubaedah, dkk. (2022). Pengaruh Kecemasan Dan Sikap Siswa Pada Pembelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Aritmatika Sosial Siswa Kelas VII SMP di Kecamatan Burau. PROXIMAL : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(1), 30-37
Copyright (c) 2022 FRAKTAL: JURNAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs E-Journal Fraktal ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal Fraktal berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.