Implementasi Cooperative Learning Tipe STAD untuk Meningkatkan Sikap Matematika Siswa

  • Nurul Afni Sinaga(1*)
    Universitas Malikussaleh
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Cooperative Learning Tipe STAD, Sikap Matematika Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan sikap matematika siswa melalui implementasi cooperative learning  tipe STAD. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan  kelas yang terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Uji coba lapangan dilakukan pada siswa kelas VII  SMP Negeri 12 Yogyakarta. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui pemberian tes, observasi, angket serta wawancara. Analisis data dilakukan dengan kualitatif yang meliputi langkah-langkah pengumpulan data, penyajian data, pengambilan simpulan dan analisis data observasi. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan pembelajaran pada presentase ≥ 80% dan dikatakan bahwa indikator keberhasilan pelaksanaan pembelajaran telah tercapai. Sikap matematika siswa dalam pembelajaran matematika ditunjukkan dengan kenaikan tingkat presentase skor angket ≥ 10% dan minimal kualifikasi presentase skor angket berada pada kategori cukup baik. Penelitian ini sangat direkomendasikan sebagai alternatif pembelajaran matematika untuk meningkatkan sikap matematika siswa, juga direkomendasikan pada guru yang mengembangkan model pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran matematika khususnya kemampuan afektif siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku:
Anita, L. (2010). Kooperatif Learning. Jakarta: PT. Grasindo
Arends, R. I., & Kilcher, A. (2010). Teaching for student learning (Becoming an accomplished teacher). New York and London: Routledge Ratlor and Francis Group
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Sistem. Jakarta: Rineka Cipta
Kemmnis, S. Taggart R. (1988). The Action Research Planner. Victoria: Dearcin University Press
Popham, W. J. (1995). Classroom Assesment: What Teachers Need to Know. Boston: Allyn & Bacon
Slavin, R.E. (2005). Cooperative Learning. Sydney: Allyn and Bacon
Wiriaatmadja, R. (2009). Metode Penelitian Tindakan Kelas Untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Prosiding:
Rusgianto, H.S. (2006). Hubungan antara sikap terhadap matematika, kecerdasan emosional dalam interaksi sosial di kelas dengan hasil belajar matematika siswa smp negeri 5 yogyakarta tahun 2006. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2006: Vol 4. Trend Penelitian dan Pembelajaran Matematika di Era ICT, 63-102. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta
Artikel Jurnal:
Majoka., I.M., Dad., M.H., Mahmood., T. (2010). Student Team Achievement Division (STAD) as An Active Learning Strategy: Emperical Evidence From Mathematics Classroom. Journal Educations and Sociology, 3(2), 16-20
Rosita & Jaenudin. (2016). Implementasi Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Open Ended Terhadap Sikap Siswa. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 1(1), 1-24
Rosseta, Z. I. & Pietro, D. M. (2007). Attitude Toward Mathematics: Overcoming The Positive/Negative Dichotomy. Montana: The Montana Council Of teacher of mathematics, 1(3), 157-168
Sinaga, N. A. (2016). Pengembangan Tes Kemampuan Pemecahan Masalah dan Penalaran Matematika Siswa SMP Kelas VII. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 169-181.
Zubaedah, dkk. (2022). Pengaruh Kecemasan Dan Sikap Siswa Pada Pembelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Aritmatika Sosial Siswa Kelas VII SMP di Kecamatan Burau. PROXIMAL : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(1), 30-37

PlumX Metrics

Published
2022-11-25
How to Cite
Sinaga, N. (2022). Implementasi Cooperative Learning Tipe STAD untuk Meningkatkan Sikap Matematika Siswa. FRAKTAL: JURNAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA, 3(2), 16-24. https://doi.org/10.35508/fractal.v3i2.8129
Section
Articles