Pertumbuhan dan Kelangsungan Hidup Benih Ikan Bandeng (Chanos chanos) Yang Diberi Pakan Tambahan Kombinasi Tepung Cacing Tanah (Lumbricus rubellus) dan Tepung Cacing Sutra (Tubifex sp)

  • Venansius Adur(1*)
    Fakultas Peternakan Kelautan dan Perikanan, Universitas Nusa Cendana, Kupang
  • Ridwan Tobuku(2)
    Fakultas Peternakan Kelautan dan Perikanan, Universitas Nusa Cendana, Kupang
  • Priyo Santoso(3)
    Fakultas Peternakan Kelautan dan Perikanan, Universitas Nusa Cendana, Kupang
  • (*) Corresponding Author

Abstract

Penelitian  ini bertujuan  untuk mengetahui pengaruh pemberian pakan tambahan kombinasi tepung cacing tanah (Lumbricus rubellus) dan tepung cacing sutra (Tubifex sp)terhadap pertumbuhan dan kelangsungan hidup benih ikan bandeng (Chanos chanos). Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan 3 ulangan.Perlakuan meliputi A (kontrol) pemberian pelet 100%, perlakuan B (pemberian campuran pelet 75% dan tepung cacing tanah dan cacing sutra 25%), perlakuan C (pemberian campuran pelet 50% dan tepung cacing tanah dan cacing sutra 50%), dan perlakuan D (pemberian campuran pelet 25% dan tepung cacing tanah dan cacing sutra 75%). Hasil penelitian menunjukan bahwa pertumbuhan mutlak tertinggi terdapat pada perlakuan D  sebesar 17,78 gramdan terendah pada perlakuan kontrol sebesar 10,66 g, sedangkanpertumbuhanspesifiktertinggi terdapat pada perlakuan D yaitu  2,28 g%/hari dan terendah pada perlakuan A (kontrol) sebesar 1,68 g%/hari,  dan kelulushidupan ikan 100%.Pemberianpakan tambahan dari kombinasi tepung cacing tanah dan cacing sutra mampu meningkatkan pertumbuhan mutlak, laju pertumbuhan spesifik dan kelulushidupan ikan bandeng (Chanos chanos).

 

Kata kunci : Cacing Sutra, Cacing Tanah, Ikan Bandeng, Pakan, Kelangsungan Hidup, Pertumbuhan.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2022-10-11
How to Cite
Adur, V., Tobuku, R., & Santoso, P. (2022). Pertumbuhan dan Kelangsungan Hidup Benih Ikan Bandeng (Chanos chanos) Yang Diberi Pakan Tambahan Kombinasi Tepung Cacing Tanah (Lumbricus rubellus) dan Tepung Cacing Sutra (Tubifex sp). Jurnal Aquatik, 5(2), 30-37. https://doi.org/10.35508/aquatik.v5i2.8452
Section
Articles