PENERAPAN CONCEPT MAPPING BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PLSBD (Pengetahuan Lingkungan dan Seni Budaya Daerah)

  • Emiliana M. Meolbatak(1*)
    Universitas Katolik Widya Mandira
  • Donatus J Manehat(2)
    Universitas Katolik Widya Mandira
  • (*) Corresponding Author
Keywords: concept mapping, multimedia, PLSBD (Pengetahuan Lingkungan dan Seni Budaya)

Abstract

Proses pembelajaran di kelas masih belum mengoptimalkan penggunaan media pembelajaran yang bervariasi kepada siswa dalam mengkaji informasi pada materi pembelajaran, sehingga siswa cenderung cepat bosan dan kurang tertarik berpikir mandiri dalam memahami materi pelajaran, hal tersebut mengakibatkan hasil belajar yang rendah. Hal ini dapat dibuktikan dengan perolehan nilai dari setiap siswa yang belum mencapai standar dan nilai standarnya adalah 7.90 sedangkan nilai rata-rata siswa siswi kelas II hanya mencapai 7.20.

Concept mapping dipadukan dengan multimedia berupa animasi, suara, teks, video, serta powerpoint  dan dikombinasikan dengan media konvensional pendukung  untuk dijadikan  sebuah media pembelajaran baru yang menarik dan interaktif.

Penerapan strategi belajar concept mapping berbasis multimedia dapat meningkatkan keterampilan guru mencapai kriteria sangat baik,sedangkan aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa mencapai ketuntasan belajar sebesar 85%.

Kata kunci : Concept Mapping, Multimedia, PLSBD (Pengetahuan Lingkungan dan Seni Budaya Daerah)

Downloads

Download data is not yet available.

References

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2018 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Satuan Pendidikan dan Penilaian Hasil Belajar oleh Pemerintah.

BSNP. 2018. Peraturan Menteri Pendidikan Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2018 tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta. Tersedia di https://bsnp-indonesia.org/wp-content/uploads/2018/05/Bahan-Paparan-BSNP-14-Mei-2018.pdf

permendikbud no. 37 tahun 2018 Perubahan atas peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan

nomor 24 tahun 2016 tentang kompetensi inti dan kompetensi

dasar pelajaran pada kurikulum 2013.

Prof. Dr. Munir, M.It. Multimedia (Konsep & Aplikasi Dalam Pendidikan), penerbit Alfabeta, Bandung, 2018

DR. HAMDANI , MA, STRATEGI BELAJAR MENGAJAR, PUSTAKA SETIA, JAKARTA, 2016

Dahar Wilis Ratna, Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran, Jakarta : Erlangga, 2017

Syaiful Bahri Djamarah, Aswan Zain , Strategi belajar mengajar, Rineka Cipta, Jakarta 2016

PlumX Metrics

Published
2020-10-29
How to Cite
[1]
E. Meolbatak and D. Manehat, “PENERAPAN CONCEPT MAPPING BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PLSBD (Pengetahuan Lingkungan dan Seni Budaya Daerah)”, jicon, vol. 8, no. 2, pp. 124-132, Oct. 2020.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.