PENERAPAN CONCEPT MAPPING BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PLSBD (Pengetahuan Lingkungan dan Seni Budaya Daerah)
Abstract
Proses pembelajaran di kelas masih belum mengoptimalkan penggunaan media pembelajaran yang bervariasi kepada siswa dalam mengkaji informasi pada materi pembelajaran, sehingga siswa cenderung cepat bosan dan kurang tertarik berpikir mandiri dalam memahami materi pelajaran, hal tersebut mengakibatkan hasil belajar yang rendah. Hal ini dapat dibuktikan dengan perolehan nilai dari setiap siswa yang belum mencapai standar dan nilai standarnya adalah 7.90 sedangkan nilai rata-rata siswa siswi kelas II hanya mencapai 7.20.
Concept mapping dipadukan dengan multimedia berupa animasi, suara, teks, video, serta powerpoint dan dikombinasikan dengan media konvensional pendukung untuk dijadikan sebuah media pembelajaran baru yang menarik dan interaktif.
Penerapan strategi belajar concept mapping berbasis multimedia dapat meningkatkan keterampilan guru mencapai kriteria sangat baik,sedangkan aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa mencapai ketuntasan belajar sebesar 85%.
Kata kunci : Concept Mapping, Multimedia, PLSBD (Pengetahuan Lingkungan dan Seni Budaya Daerah)
Downloads
References
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2018 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Satuan Pendidikan dan Penilaian Hasil Belajar oleh Pemerintah.
BSNP. 2018. Peraturan Menteri Pendidikan Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2018 tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta. Tersedia di https://bsnp-indonesia.org/wp-content/uploads/2018/05/Bahan-Paparan-BSNP-14-Mei-2018.pdf
permendikbud no. 37 tahun 2018 Perubahan atas peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan
nomor 24 tahun 2016 tentang kompetensi inti dan kompetensi
dasar pelajaran pada kurikulum 2013.
Prof. Dr. Munir, M.It. Multimedia (Konsep & Aplikasi Dalam Pendidikan), penerbit Alfabeta, Bandung, 2018
DR. HAMDANI , MA, STRATEGI BELAJAR MENGAJAR, PUSTAKA SETIA, JAKARTA, 2016
Dahar Wilis Ratna, Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran, Jakarta : Erlangga, 2017
Syaiful Bahri Djamarah, Aswan Zain , Strategi belajar mengajar, Rineka Cipta, Jakarta 2016
Copyright (c) 2020 Jurnal Komputer dan Informatika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
The author submitting the manuscript must understand and agree that if accepted for publication, authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution (CC-BY) 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.