IMPLEMENTASI ALGORITMA K-MEANS CLUSTERING PADA APLIKASI MOBILE BANKING BANK SAMPAH KELUARAHAN TUAH MADANI KOTA PEKANBARU

  • Gusrio Tendra(1*)
    AMIK Tri Dharma Pekanbaru
  • Jean Riko Kurniawan Putra(2)
    AMIK “Tri Dharma”
  • Rindi Johan(3)
    TK-SDIT Humairoh Pusat
  • (*) Corresponding Author
Kata Kunci: Bank Sampah, K-Means Clustering, Mobile Banking, Smartphone Android

Abstrak

Kelurahan Tuah Madani menjadikan program bank sampah sebagai bagian dari upaya untuk membantu mensejaterakan masyarakat. Dengan adanya bank sampah, selain menyalurkan limbah sampah, masyarakat juga dapat menghasil uang tabungan dari sampah yang disetorkan. Dengan adanya bank sampah akan mempermudah pihak kelurahan dalam melakukan pendataan wilayah yang menghasilkan jumlah sampah dan membutuhkan perhatian lebih dalam penanggulangan limbah sampah tersebut. Pada saat ini proses perhitungan setoran limbah sampah masyarakat oleh pihak bank sampah masih dilakukan secara manual dalam sebuah buku setoran. Pengelompokan wilayah yang menjadi penghasil limbah sulit untuk dilakukan karena pencatatan data setoran sampah hanya dilakukan pada satu buah buku. Jika pihak bank sampah ingin melakukan perhitungan setoran sampah pada sebuah wilayah maka harus dilakukan secara manual per wilayah lalu ditotalkan jumlah setoran tersebut. Tentunya hal itu memerlukan waktu yang lama dan tingkat akurasi yang rendah. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengimplementasikan algoritma k-means clustering agar dapat mempermudah proses pengelompokan wilayah berdasarkan jenis sampah yang dihasilkan oleh masing-masing rukun tetangga/perumahan yang terdaftar dalam Kelurahan Tuah Madani. Aplikasi bank sampah dapat mengelompokan kategori berdasarkan data setoran sampah yang dilakukan oleh masyarakat, dan dengan adanya data tersebut dapat membantu pihak kelurahan dalam mengkoordinir petugas kebersihan serta armada pengangkut sampah.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

W. S. Wardhana, H. Tolle, and A. P. Kharisma, “Pengembangan Aplikasi Mobile Transaksi Bank Sampah Online Berbasis Android (Studi Kasus: Bank Sampah Malang),” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer e-ISSN, vol. 2548, p. 964X, 2019.

S. Widaningsih and A. Suheri, “Sistem Informasi Pengelolaan Data Bank Sampah Berbasis Web di Kabupaten Cianjur,” IJCIT (Indonesian J. Comput. Inf. Technol., vol. 4, pp. 171–81, 2019.

S. U. Masruroh, S. E. Suciasih, and H. B. Suseno, “Pengembangan Aplikasi Bank Sampah Menggunakan Layanan Teknologi Informasi Cloud Computing Pada Bank Sampah Melati Bersih,” Jurnal Teknik Informatika, vol. 8, no. 2, 2015.

Y. Darnita, R. Toyib, and Y. Kurniawan, “Penerapan Metode K-Means Clustering Pada Aplikasi Android Pada Tanaman Obat Herbal,” Pseudocode, vol. 7, no. 2, pp. 105–114, 2020.

M. Siregar and I. Permana, “Rancang bangun aplikasi berbasis mobile untuk navigasi ke alamat pelanggan TV berbayar (studi kasus: Indovision cabang Pekanbaru),” Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi, vol. 2, no. 1, pp. 82–94, 2016.

A. Husain, A. H. A. Prastian, and A. Ramadhan, “Perancangan Sistem Absensi Online Menggunakan Android Guna Mempercepat Proses Kehadiran Karyawan Pada PT. Sintech Berkah Abadi,” Technomedia Journal, vol. 2, no. 1 Agustus, pp. 105–116, 2017.

P. Purwanto, “Pengelolaan ‘Bank Sampah’ Berbasis Masyarakat sebagai Alternatif Meningkatkan Ekonomi Warga RT 004/RW 09, Cikarang Utara–Bekasi,” ACADEMICS IN ACTION Journal of Community Empowerment, vol. 1, no. 1, pp. 27–37, 2019.

N. Elizawati and L. S. Lesmana, “Analisis Nilai Rapor Siswa Kelas X Jurusan Multimedia Terhadap Minat pada Pelajaran Produktif Di Kelas XII untuk Menentukan Kompetensi Siswa dengan Metode Clustering Algoritma K-Means (Studi Kasus Di SMKN 4 Padang),” Jurnal Komputer Terapan, vol. 3, no. 2, pp. 133–148, 2017.

H. A. Kurniawati, A. Arif, and W. A. Winarno, “Analisis minat penggunaan mobile banking dengan pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) yang telah dimodifikasi,” E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, vol. 4, no. 1, pp. 24–29, 2017.

A. A. Sofyan, P. Puspitorini, and M. A. Yulianto, “Aplikasi Media Informasi Sekolah Berbasis SMS Gateway Dengan Metode SDLC (System Development Life Cycle),” Jurnal Sisfotek Global, vol. 6, no. 2, 2016.

PlumX Metrics

Diterbitkan
2021-10-29
Bagian
Articles

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

##plugins.generic.recommendByAuthor.noMetric##