Pendekatan Komprehensif Manajemen Kesehatan Ternak Babi bagi Peternak Melalui program pengabdian masyarakat

  • Cynthia Dewi Gaina(1*)
    Universitas Nusa Cendana
  • Elisabet Tangkonda(2)
    Universitas Nusa Cendana
  • Fadhy Risckhy Loe(3)
    Universitas Nusa Cendana
  • Yonas Ferdinand Riwu(4)
    Universitas Nusa Cendana
  • Filphin Adolfin Amalo(5)
    Universitas Nusa Cendana
  • Yulfia Nellymalik Selan(6)
    Universitas Nusa Cendana
  • Antin Yeftanti Nugrahening Widi(7)
    Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Manajemen, Kesehatan ternak babi, Pengabdian Masyarakat, Peternakan, Skala Rumah Tangga, Penyakit Babi

Abstract

Program Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan tentang manajemen kesehatan ternak babi pada peternakan rakyat pada kelompok ternak skala rumah tangga di Kupang, NTT. Kegiatan ini meliputi pelatihan dan penyuluhan mengenai pencegahan dan penanganan penyakit ternak, serta protokol biosekuriti, dan pengelolaan keuangan peternak. Selain itu, pelatihan juga mencakup tata kelola keuangan yang baik untuk meningkatkan kesejahteraan peternak. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pengetahuan dan keterampilan peternak mengenai penyakit wabah African Swine Fever (ASF), Hog Cholera serta potensi penyakit babi lainnya dan praktik kesehatan ternak secara keseluruhan. Para peternak yang mengikuti pelatihan ini mampu menerapkan protokol biosekuriti dengan lebih baik dan meningkatkan praktik kesehatan ternak mereka. Implementasi program ini terlihat dari peningkatan pemahaman peternak, dan peningkatan produktivitas ternak. Evaluasi pasca-pelatihan menunjukkan adanya penurunan kasus penyakit dan peningkatan kesejahteraan ternak. Program ini membuktikan bahwa pelatihan yang berfokus pada manajemen kesehatan ternak yang baik dapat memberikan dampak positif terhadap kesejahteraan peternak dan keberlanjutan peternakan rakyat. Oleh karena itu, kegiatan PkM ini diharapkan dapat diterapkan di berbagai wilayah lain untuk mencapai hasil yang serupa dan memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi peternakan rakyat.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2024-07-27
How to Cite
Gaina, C., Tangkonda, E., Loe, F., Riwu, Y., Amalo, F., Selan, Y., & Widi, A. (2024). Pendekatan Komprehensif Manajemen Kesehatan Ternak Babi bagi Peternak Melalui program pengabdian masyarakat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Undana, 18(1), 39-45. https://doi.org/10.35508/jpkmlppm.v0i0.17793
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.