BUDIDAYA TANAMAN SECARA HIDROPONIK DENGAN PENGONTROL ELEKTRONIK

  • Don E. D. G Pollo

Abstract

Kehidupan masyarakat di Desa Penfui Timur pada umumnya bergantung pada hasil pertanian dan hasil peternakan. Dengan kondisi iklim tropis kering, musim kemarau yang cukup panjang serta curah hujan yang tidak merata, menye­babkan sebagian besar lahan menjadi kurang subur dan tidak dapat dimanfaatkan dalam pembudidayaan tanaman holtikultura. Dengan menggunakan metode hidroponik, serta  pola penyiraman yang diatur secara elektronis, pembudidayaan tanaman holtikultura dapat dilakukan dengan kebutuhan air yang minim, sehingga dapat meningkatkan  pendapatan  masyarakat setempat. Dengan menerapkan metode hidroponik, nutrisi cair yang diberikan ke tanaman tidak terbuang saat penyiraman, namun ditampung kembali dalam sebuah wadah, yang kemudian akan dialirkan kembali ke tanaman (sirkulasi nutrisi). Metode hidroponik ini berjalan baik, dimana pembagian nutrisi cair pada masing-masing pipa merata, sehingga tanaman kangkung dapat bertumbuh dengan baik.

 Kata kunci – hidroponik, holtikultura, nutrisi cair, penyiraman, elektronis

Published
2020-12-15
How to Cite
Pollo, D. (2020). BUDIDAYA TANAMAN SECARA HIDROPONIK DENGAN PENGONTROL ELEKTRONIK. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Undana, 14(2), 1-6. Retrieved from https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/jlppm/article/view/3452

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.