PELATIHAN PENINGKATAN PENANGANAN PASCAPANEN IKAN TONGKOL DI KOTA TERNATE

  • Mutmainnah Ridwan(1)
    Universitas Khairun
  • Yuliana recar(2)
    Universitas Khairun
  • Martini Djamhur(3*)
    Universitas Khairun
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Handling, Post-Harvest, Tuna Fish, Ternate City

Abstract

Penanganan pascapanen yang tepat sangat penting untuk menjaga kualitas dan kuantitas ikan tangkapan, khususnya ikan tongkol, yang merupakan komoditas ikan pelagis kecil utama di Kota Ternate, yang tertangkap dengan menggunakan gillnet dan purse seine. Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi tingkat kehilangan mutu hasil tangkapan ikan Tongkol  melalui pelatihan yang komprehensif bagi nelayan dan pengolah ikan. Pelatihan ini mencakup teknik penyimpanan, pemrosesan, dan pengangkutan yang baik guna mempertahankan kesegaran dan nilai ekonomi ikan tongkol.  Metode yang digunakan berupa metode pengajaran yang sifatnya interaktif yaitu dilakukan ceramah, demonstrasi langsung, dan praktik lapangan yang melibatkan para nelayan dan pelaku usaha perikanan. Hasil dari pelatihan menunjukkan peningkatan pemahaman dan keterampilan peserta dalam mengelola hasil tangkapan mereka. Kegiatan pelatihan dilakukan di Desa Jambula pada Oktober 2023.  Indikator keberhasilan meliputi penurunan tingkat kehilangan hasil tangkap dan peningkatan kualitas ikan yang dijual di pasar lokal dan regional. Kesimpulannya, pelatihan ini berhasil memberikan dampak positif dalam penanganan pascapanen ikan tongkol di Kota Ternate, begitupula penambahan wawasan bagi nelayan. Rekomendasi untuk program lanjutan meliputi pengembangan modul pelatihan yang lebih rinci dan kerjasama dengan pihak terkait untuk memastikan keberlanjutan praktik penanganan yang baik.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2024-06-30
How to Cite
Ridwan, M., recar, Y., & Djamhur, M. (2024). PELATIHAN PENINGKATAN PENANGANAN PASCAPANEN IKAN TONGKOL DI KOTA TERNATE. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Undana, 1 - 6. https://doi.org/10.35508/jpkmlppm.v0i0.16444

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.