Bantuan Teknis Penyusunan Masterplan dan DED Kawasan Wisata Pantai Panmuti di Desa Noelbaki Kab Kupang NTT

  • Rosvitayati Umbu Nday(1*)
    Arsitektur Undana
  • Yohanes Wilhemus Dominikus Kapilawi(2)
    Universitas Nusa Cendana
  • Rifat Y. Y Maromon(3)
    Universitas Nusa Cendana
  • Suliha N. I. Neonufa(4)
    Universitas Nusa Cendana
  • Linda W. Fanggidae(5)
    Universitas Nusa Cendana
  • Marianus Bahantwelu(6)
    Universitas Nusa Cendana
  • Lodwik O. Dahoklory(7)
    Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author

Abstract

Desa Noelbaki merupakan desa yang memiliki potensi dalam berbagai aspek dan menjadi perhatian berbagai kalangan komunitas organisasi dan kelompok masyarakat ilmiah untuk melakukan berbagai kegiatan dalam mengembangkan potensi yang ada diwilayah tersebut. Berbagai bentuk program kegiatan dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kemandirian usaha dalam upaya meningkatkan potensi dari Desa Noelbaki agar menjadi maju dan berkembang secara mandiri. Potensi yang dimiliki oleh desa Noelbaki, saat ini juga menjadi perhatian dari beberapa organisasi ataupun kelompok masyarakat ilmiah dalam melakukan pendampingan tehadap beberpa kegiatan desa noelbaki, seperti salah satu kegiatannya di area pantai yang dikenal dengan pantai PANMUTI untuk menjadikan desa nelbaki  sebagai desa binaan dari berbagai komunitas dan kelompok masyarakat ilmiah untuk mengembangkan area pantainya.

Solusinya adalah melakukan Perencanaan terhadap area pesisir pantai tersebut dengan memberikan bantuan teknis dan pendampingan berupa gambar – gambar master plan terhadap pesisir pantainya, dengan memanfaatan potensi area sepanjang pasisir pantai dengan panjang garis pantai dan pasir pantainya. Tujuan kegiatan ini untuk menghasilkann produk master plan dan gambar DED dalam keperluan penataan lansekap, dan memberikan bekal bagi tim teknis desa tentang bagaimana baiknya menentukan dan menempatkan fasilitas – fasilitas wisata pantai PANMUTI desa noelbaki di yang menarik dalam upaya meningkatkan kerjasama kemitraan di desa Noelbaki dalam kemandirian kewirausahaan.

 

Kata kunci :  Gambar DED, Produk Master Plan, Wisata

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2023-12-22
How to Cite
Nday, R., Kapilawi, Y., Maromon, R., Neonufa, S., Fanggidae, L., Bahantwelu, M., & Dahoklory, L. (2023). Bantuan Teknis Penyusunan Masterplan dan DED Kawasan Wisata Pantai Panmuti di Desa Noelbaki Kab Kupang NTT. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Undana, 17(2), 41-51. https://doi.org/10.35508/jpkmlppm.v17i2.12747

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.