PENGGUNAAN PERMAINAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 17 KUPANG
Abstract
Tahun 2020 merupakan tahun yang mengguncang Negara Indonesia. Kemunculan pandemi ini membuat sektor pendidikan perlu bekerja keras dalam mengusahakan terjadinya kegiatan belajar dan mengajar. Adapun metode yang digunakan untuk menanggulangi masalah ini, yakni pembelajaran secara daring. Namun, akibat dari pembelajaran secara daring terhadap penurunan kemampuan siswa juga cukup besar. Akibatnya, guru perlu mencari cara dalam menanggulangi masalah ini. Saat ini, kegiatan belajar dan mengajar dapat dilakukan secara tatap muka. Namun, pihak sekolah perlu bekerja keras karena minimnya pemahaman siswa ketika belajar secara daring. Matematika merupakan salah satu pelajaran yang paling berdampak. Pemahaman siswa terhadap materi matematika di kelas semakin menurun. Hal ini dilihat melalui evaluasi belajar oleh guru. Oleh karena itu, perlu diberikan pendekatan lain kepada siswa guna meningkatkan kemampuan siswa. Berdasarkan hipotesis ini, pelajaran matematika dikemas ke dalam bentuk permainan guna membantu siswa dalam memahami materi matematika. Selain itu, permainan matematika juga membantu siswa untuk melihat kegunaan matematika yang luas. Berdasarkan hasil pengabdian, terlihat bahwa antusias siswa akan pelajaran matematika meningkat. Ini terlihat ketika siswa berbincang dengan guru matematika untuk menanyakan materi yang diterima. Kemudian, siswa juga aktif untuk menjawab selama kegiatan berlangsung.