DESAIN SISTEM KONTROL PENANGGULANGAN KEMACETAN LALU LINTAS ADAPTIF BERBASIS PLC
Abstract
Lampu lalu lintas atau traffic light sangat berperan penting mencegah terjadinya kemacetan setiap persimpangan jalan, terutama pada simpang tiga maupun simpang empat. Saat ini pengaturan nyala lampu lalu lintas yang biasa digunakan adalah dengan pengaturan durasi lampu dengan waktu yang tetap. Pengaturan ini berlaku disepanjang hari, walaupun tingkat kepadatan kendaraan tidak sama di setiap persimpangan. Hal inilah yang kemudian sering membuat kemacetan di satu sisi persimpangan menjadi tak terhindarkan. Berdasarkan masalah tersebut, maka pada penelitian ini di rancanglah suatu sistem pengaturan traffic light yang adaptif menggunakan PLC Omron. Pada pengujian ini, durasi lampu kuning dan hijau diatur sekitar 3 detik dan 5 detik. Sedangkan pada saat kondisi padat, maka durasi lampu hijau diatur menjadi 10 detik. Setelah melakukan pengujian, diketahui bahwa, pada saat sensor traffic light mendeteksi adanya kemacetan, maka lampu hijau menyala akan selama 10 detik, sedangkan pada saat kondisi normal maka lampu hijau akan menyala selama 5 detik
Downloads
References
[2] L. S. Hsb, P. Hariani, and J. S. Hsb, "City Smart Transportation Sebagai Strategi Medan Menuju Smart City," Jurnal Pembangunan Perkotaan, vol. 5, no. 2, pp. 50-58, 2017.
[3] D. A. Rizki, E. Rustiadi, and S. Soma, "Penentuan Pusat-pusat kegiatan baru sebagai Alternatif untuk mengurangi Kemacetan Kota Bogor," Journal of Regional and Rural Development Planning (Jurnal Perencanaan Pembangunan Wilayah dan Perdesaan), vol. 1, no. 3, pp. 287-297, 2017.
[4] F. Rahman, "Pembangunan Sistem Pengontrol Lampu Lalu Lintas Dengan Arsitektur Terbuka," 2019.
[5] R. Darmawan, "Studi Kasus Sistem Lampu Lalu Lintas Persimpangan Menggunakan Metode Adaptif Neuro Fuzzy," Jurnal ESIT (E-Bisnis, Sistem Informasi, Teknologi Informasi), vol. 12, no. 1, 2022.
[6] A. D. Nafisah, "Efektivitas penggunaan intelligent transport system dalam menanggulangi kemacetan oleh Dinas Perhubungan Kota Malang perspektif Maslahah Mursalah," Al-Balad: Journal of Constitutional Law, vol. 2, no. 1, 2020.
[7] Y. LIA, "Analisa Kemacetan Lalu Lintas Jalan Setiabudi Semarang," SKRIPSI, 2019.
[8] O. Baktiarto, "Evaluasi Kemacetan Terhadap Gangguan Kecelakaan Lalu Lintas Menggunakan Model Transmisi Sel," SONDIR, vol. 2, no. 2, pp. 1-8, 2018.
[9] I. M. Parwita, "Optimalisasi satuan lalu lintas Polres Gresik dalam menanggulangi kecelakaan lalu lintas akibat pelanggaran muatan," Jurnal Sosiologi Dialektika, vol. 14, no. 1, pp. 44-51, 2019.
[10] E. Nurhidayat, A. I. Septiana, A. N. Putra, A. Syaripudin, and D. I. Saputra, "Desain Sistem Kontrol Traffic Light Adaptif pada Empat Persimpangan Berbasis PLC Omron CP1E," Jurnal Otomasi Kontrol dan Instrumentasi, vol. 10, no. 1, p. 485835, 2018.
[11] E. E. Prasetiyo, O. Wahyunggoro, and S. Sulistyo, "Desain Pengatur Lampu Lalu Lintas Adaptif dengan Kendali Logika Fuzzy," SEMNASTEKNOMEDIA ONLINE, vol. 3, no. 1, pp. 3-7-1, 2015.
[12] S. Jatmika and I. Andiko, "Simulasi Pengaturan Lampu Lalu Lintas Berdasarkan Data Image Processing Kepadatan Kendaraan Berbasis Mikrokontroler Atmega16," Jurnal Ilmiah Teknologi dan Informasi ASIA, vol. 8, no. 2, 2014.
[13] F. Jordan Kw, "Perancangan Miniatur Pengendali Lampu Lalu Lintas Berdasarkan Panjang Antrian Kendaraan Berbasis Programmable Logic Controller (PLC)," Universitas Mataram, 2018.
[14] H. Leidiyana, M. Faisal, and P. Purnamawati, "Perancangan Alat Timer Traffic Light Menggunakan Mikrokontroler Atmega 8535 Berdasarkan Antrian Jumlah Kendaraan," PROSISKO: Jurnal Pengembangan Riset dan Observasi Sistem Komputer, vol. 5, no. 1, 2018.
[15] D. P. Rivai and B. Santoso, "Model Rekayasa Traffic Light Menggunakan Arduino," Jurnal Cosphi, vol. 3, no. 1, 2019.
This work is licensed under CC BY-SA 4.0