PERSEPSI PENGUSAHA OLAHAN HASIL TERNAK SAPI TENTANG AGROINDUSTRI PETERNAKAN DI KOTA KUPANG
Abstract
A research was conducted in order to evaluate perception of cattle processing product enterepreneurs about livestock agro-industry and some factors formulating the perception of the cattle processing product entrepreneurs about the livestock agro-industry. Beside that this research also analyze the relationship between the factors formulating the perception and the perception of the cattle processing product entrepreneurs about the livestock agro-industry. The research sample comprises 20 respondents gained by applying puposive sampling method based on consideration that those entrepreneurs have any information deal with the research. According to the data analysis and results discussion, it can be concluded tha the cattle processing product entrepreneurs have good perception about the livestock agro-industry in Kupang Town. The factors that influence the perception of the entrepreneurs and which has a significant correlation in positioning the perception were kind of agro-industry, age, level of education, experience, income, social environment, stimulant intensity, include demand.
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui persepsi pengusaha produk olahan hasil ternak sapi tentang agroindustri peternakan. Tujuan lainnya adalah untuk mengetahui faktor- faktor pembentuk persepsi pengusaha produk olahan hasil ternak sapi tentang agroindustri peternakanlam penelitian ini juga akan menganalisis hubungan faktor pembentuk persepsi dengan persepsi pengusaha produk olahan hasil ternak sapi tentang agroindustri peternakan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 20 responden dengan menggunakan purposive sampling, yaitu sampel dipilih berdasarkan pertimbangan bahwa pengusaha tersebut mempunyai informasi yang dibutuhkan. Berdasarkan analisis data dan pembahasan hasil penelitian yang telah dikemukakan dapat disimpulkan hal-hal untuk menjawab permasalahan sebagai berikut: Persepsi pengusaha produk olahan hasil ternak sapi tentang agroindustri peternakan di Kota Kupang termasuk kategori baik. Faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi pengusaha terhadap agroindustri peternakan di Kota Kupang dan memiliki keeratan hubungan dalam menempatkan persepsi adalahjenis usaha, usia, tingkat pendidikan, pengalaman,pendapatan, lingkungan sosial, intensitas stimuli dan permintaan.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Daniar G, Nugroho B, Nugroho E. 2014. Persepsi dan Minat Pemuda terhadap Agribisnis Sapi Madura di Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan. Jurnal Ilmu-Ilmu Peternakan 24 (3): 69-78
Iskandar MS. 2011. Pembentukan Persepsi Visual Iklan Televisi. Jurnal Visualita 3 (1): 2301-5144
Palebangan SF, Hamzah, Dahlan, Kaharuddin. 2006. Persepsi petani terhadap pemanfaatan bokashi jerami pada tanaman ubi jalar dalam penerapan sistem pertanian organik. Jurnal Agrisistem 2(1): 46-53.
Reppi JM. 2015. Analisis Pengaruh Persepsi Kualitas, Motivasi dan Sikap Konsumen terhadap Keputusan PembelianPonsel Iphone pada Pusat Perbelanjaan Itc Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi 15(5): 828-838
Santoso S. 2010. Statistik Non Parametrik Konsep dan Aplikasi dengan SPSS. PT. Elex Media Komputindo: Jakarta
Sapitri D. 2014. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Persepsi Petani terhadap Peremajaan Kelapa Sawit. Sosio Ekonomi Bisnis 17(1): 1412-8241
Sugiyono. 2010. MetodePenelitian Kualitatif, Kuantitatif, Dan RnD. Bandung: Alfabeta.
Tisnawati NM. 2015. Faktor-faktor yang mempengaruhi Permintaan Konsumen Beras Organik di Kota Denpasar. Piramida 11 (1): 13-19
Walgito, Bimo.2003. Pengantar Psikologi Umum. Andi, Yogyakarta.