PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN KEGIATAN MANUSIA DALAM MEMENUHI KEBUTUHANNYA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 7 LEMBOR KECAMATAN LEMBOR KABUPATEN MANGGARAI BARAT

  • Petrus Tamur(1*)
    Guru Mata Pelajaran IPS Terpadu, SMP Negeri 7 Lembor, Manggarai Barat
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Hasil belajar, Problem-based learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa terhadap materi “Kegiatan Manausia dalam
Memenuhi Kebutuhan” dengan menggunakan model pembelajaran PBL. Penelitian ini menggunakan metode pembelajaran
Problem Based Learning (PBL). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes, observasi, dan dokumentasi.
Sedangkan, teknik analisis data yang digunakan, yaitu teknik analisis data kuantitatif. Instrumen tes yang digunakan dalam
penelitian ini adalah lembar tes dan observasi hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai rerata kelas dalam
tahap prasiklus masih rendah, yaitu 61,11. Pada siklus I meningkat menjadi 68,61 dan pada siklus II mencapai 80,27. Persentase
hasil observasi aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 21 dari 17,50 pada siklus I. Dengan
demikian, penerapan metode pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar pokok bahasan kegiatan
manusia dalam memenuhi kebutuhanya pada siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Lembor, Kecamatan Lembor, Kabupaten Manggarai
Barat dinyatakan berhasil.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2023-11-29

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.