PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS RESENSI BUKU SISWA KELAS XI SMAN 1 KEFAMENANU DENGAN MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks resensi buku pada siswa kelas XI SMAN 1
Kefamenanu. Penelitian ini menggunakan teori Belajar Kognitif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik
pengamatan dan tes unjuk kerja, sedangkan teknik analisis data yang digunakan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa persentase ketuntasan klasikal dalam tahap prasiklus 7,14%, dilanjutkan pada
siklus I meningkat menjadi 46,42%, dan pada siklus II mencapai 89,28%. Persentase hasil observasi tindakan guru yang
meningkat pada siklus II 94,33% dari 71,6% pada siklus I. Hasil observasi belajar siswa juga meningkat dari siklus I dengan
persentase 70% meningkat menjadi 85% pada siklus II. Dengan demikian, penerapan metode pembelajaran mind mapping untuk
meningkatkan kemampuan menulis teks resensi buku pada siswa kelas XI SMAN 1 Kefamenanu berhasil diterapkan.