PENERAPAN PEMBELAJARAN STEM DENGAN MODEL PJBL DI KELAS XI TITL SMK N 2 KUPANG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA

  • Maria Dona Reza Usboko Program Studi Pendidikan Teknik Elektro FKIP UNDANA
  • I Made Parsa Program Studi Pendidikan Teknik Elektro FKIP UNDANA
  • Zet Y. Baitanu Program Studi Pendidikan Teknik Elektro FKIP UNDANA
Keywords: Sains, Teknologi, Engineering dan Matematis, Project Based Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) implementasi pembelajaran STEM dengan
model PjBL pada kelas XI TITL SMK Negeri 2 Kupang (2) mengetahui tingkat kemampuan berpikir
kreatif dengan pembelajaran STEM dengan model PjBL siswa kelas XI TITL SMK Negeri 2 Kupang.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classrom Action Research) partisipan dengan model
desain Kemmis dan Taggart. Subjek penelitian dilakukan pada kelas XI TITL SMK Negeri 2 Kupang
tahun ajaran 2020/2021. Pada penelitian ini dilakukan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II dengan
mendapatkan perlakuan yang sama pada tiap siklus. Adapun aspek yang diamati dalam penelitian ini yaitu
a)berpikir lancar; b) ketrampilan berpikir luwes; c) ketrampilan berpikir elaboratif; dan d)ketrampilan
berpikir novelty. Teknik pengumpulan data yaitu tes, lembar observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa
menggunakan penerapan pembelajaran STEM dengan model PjBL pada materi rangkaian kendali motor listrik kelas XI TITL 1 SMK N 2 Kupang. Berdasarkan hasil analisis berpikir kreatif siswa pada
siklus I sampai dengan siklus II yang mengalami peningkatan hingga mencapai indikator keberhasilan
yaitu pada siklus I memperoleh 59% masuk kategori cukup kreatif dan meningkat pada siklus II 74,71
% yang masuk kategori kreatif. Juga mampu meningkatkan hasil belajar siswa berdasarkan hasil
analisis nilai rata-rata ketuntasan klasikan siklus I hingga siklus II yaitu siklus I memperoleh 41,66%
dan meningkat pada siklus II menjadi 88,88%. Hal ini didukung juga dengan peningkatan aktivitas siswa
siklus I mendapat presentase 62,36% yang masuk kategori cukup baik meningkat pada siklus II menjadi
81,94% masuk kategori baik. Maka ada pengaruh yang signifikan setelah menggunakan pembelajaran
STEM dengan model PjBL terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif kelas XI TITL 1 SMK
Negeri 2 Kupang. Dengan demikian penerapan pembelajaran STEM dengan model PjBL dapat
meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI TITL SMK Negeri 2 Kupang tahun ajaran
2020/2021.

Published
2021-05-20