PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENERAPAN ELEKTRONIKA DI KELAS XI TEKNIK AUDIO VIDEO SMK NEGERI 2 KUPANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Apakah peningkatan hasil belajar siswa dalam
pembelajaran dengan menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation Pada Mata Pelajaran
Penerapan Elektronika dengan materi pokok Menerapkan Macam-macam Rangkaian Shift Register di
Kelas XI Teknik Audio Video SMK Negeri 2 Kupang. 2) Bagaimanakah cara meningkatkan hasil
belajar siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation Pada Mata Pelajaran
Penerapan Elektronika dengan materi pokok Menerapkan Macam-macam Rangkaian Shift Register di
Kelas XI Teknik Audio Video SMK Negeri 2 Kupang.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas, dengan model pembelajaran yang
diterapkan adalah model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation Subjek penelitian adalah siswa
kelas XI Teknik Audio Video 2 yang berjumlah sebanyak 28 siswa. Sedangkan variabel yang diukur
adalah hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi,
tes dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa:Penerapan model pembelajaran Group
Investigation terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Teknik Audio Video SMK Negeri
2 Kupang pada mata pelajaran penerapan elektronika. Hal tersebut dapat dilihat pada pre test terdapat 4
orang siswa (14,28%) yang memperoleh skor 75 keatas dengan nilai rata-rata 53%, tes siklus I terdapat 13
orang siswa (46,43%) yang memperoleh skor 75 keatas dengan nilai rata-rata 70,35% dan tes siklus II
terdapat 26 orang siswa (92,86%) yang memperoleh skor 75 keatas dengan nilai rata-rata 90,35%.