PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE UNTUK PENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR DESAIN GRAFIS DI KELAS X MULTIMEDIA 1 SMK NEGERI 5 KUPANG

  • Dorkas M. Malaikari(1*)
    Program Studi Pendidikan Teknik Elektro FKIP UNDANA
  • I Made Parsa(2)
    Program Studi Pendidikan Teknik Elektro FKIP UNDANA
  • Ichsan Fahmi(3)
    Program Studi Pendidikan Teknik Elektro FKIP UNDANA
  • (*) Corresponding Author
Keywords: scramble, hasil belajar, dasar desain grafis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1 ) Mengetahui Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa
dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Scramble Pada mata pelajaran dasar desain grafis
kelas X Multimedia 1 SMK Negeri 5 Kupang, 2). Untuk mengetahui sejauhmanakah peningkatan hasil
belajar siswa pada mata pelajaran dasar desain grafis setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan
model pembelajaran kooperatif tipe Scramble.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas, Dalam penelitian ini yakni siswa kelas X
Multimedia 2 SMK N 5 Kupang. Siswa berjumlah 15 (lima belas) orang yang dijadikan sampel dalam
penelitian. Setelah menerapkan model pembelajaran scramble pada mata pelajaran dasar desain grafis
materi unsure-unsur tata letak di kelas X Multimedia SMK N 5 Kupang, hasil belajar siswa mengalami
peningkatan di setiap kegiatan pembelajaran. Pada tes siklus I terdapat 8 orang siswa (53,00%) yang
memperoleh skor 75 ke atas dengan nilai rata-rata 70,66%. Terjadi peningkatan lagi setelah dilakukan tes
siklus II terdapat 15 orang siswa (100%) yang memperoleh skor 75 ke atas dengan nilai rata-rata 87,33%.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2021-05-20