PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DIRECT LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PEMOGRAMAN DASAR MENGGUNAKAN APLIKASI DEV- C++ KELAS X TKJ SMKN 6 KUPANG

  • Barbara K.M. Ngatong Program Studi Pendidikan Teknik Elektro FKIP UNDANA
  • Zet Y. Baitanu Program Studi Pendidikan Teknik Elektro FKIP UNDANA
  • Frans F. G. Ray Program Studi Pendidikan Teknik Elektro FKIP UNDANA
Keywords: Model Pembelajaran Direct Learning, Hasil Belajar, Pretest, Posttest, signifikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) adanya pengaruh penggunaan
model pembelajaran direct learning terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran
pemograman dasar kelas X TKJ 1 SMK Negeri 6 Kupang. 2) bagaimana pengaruh
penggunaan model pembelajaran direct learning terhadap hasil belajar siswa mata
pelajaran pemograman dasar kelas X TKJ 1 SMK Negeri 6 Kupang. Metode
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian eksperimen, desain
perancangan penelitian yang digunakan yaitu Pre-experimental Design, penelitian ini
memiliki satu kelompok sebagai subjek penelitian yaitu kelas experimen. Jenis
penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design. Pengumpulan
data yang dilakukan melalui tes awal, tes akhir dan pengamatan. Analisis data yang
digunakan adalah uji persyaratan analisis dengan uji homogenitas serta uji hipotesis
dengan analisis uji regeresi sederhana dan uji t korelasi dengan bantuan Statistical
Product and Service Solution (SPSS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model
pembelajaran direct learning terhadap hasil belajar dilihat dari nilai Y= 52,875 +
0,571X P value < ꭤ sebesar (0,000<0,05), maka disimpulkan bahwa ada pengaruh
antara model pembelajaran direct learning dengan hasil belajar siswa. Untuk
mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran direct learning terhadap hasil
belajar diperoleh thitung =6,156 didapatkan nilai ttabel 2,032 dengan df = 34. Jadi Nilai
thitung > ttabel (6,156>2,032) dan nilai Rsquer = 0,527 maka dapat disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh yang signifikan sebesar 52,7% antara model pembelajaran direct
learning terhadap hasil belajar siswa.

Published
2021-05-20