PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA DI KELAS X TEKNIK AUDIO VIDEO SMK NEGERI 2 KUPANG

  • Jari Dule Program Studi Pendidikan Teknik Elektro FKIP UNDANA
  • Yetursance Y. Manafe Program Studi Pendidikan Teknik Elektro FKIP UNDANA
  • Frans F. G. Ray Program Studi Pendidikan Teknik Elektro FKIP UNDANA
Keywords: snowball throwing, hasil belajar, dasar listrik dan elektronika

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas, dengan model pembelajaran yang diterapkan adalah model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing. Sedangkan variabel yang diukur adalah hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif Penerapan model pembelajaran Snowball Throwing terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Teknik Audio Video SMK Negeri
2 Kupang pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika. Hal tersebut dapat dilihat pada pre test terdapat 7 orang siswa (23,33%) yang memperoleh skor 75 ke atas dengan nilai rata-rata 53,33%, tes siklus I terdapat 17 orang siswa (56,66%) yang memperoleh skor 75 ke atas dengan nilai rata-rata 73,66% dan tes siklus II terdapat 30 orang siswa (100%) yang memperoleh skor 75 ke atas dengan nilai rata-rata 85,33%.

Published
2021-05-20