STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA AGROINDUSTRI SE’I BABI (STUDI KASUS KECAMATAN OEBOBO, KOTA KUPANG)

  • Hendrikus Umbu Padu(1*)
    universitas Nusa Cendana
  • Johanes G. Sogen(2)
    universitas Nusa Cendana
  • Sirilus S. Niron(3)
    universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: kekuatan, kelemahan, peluang, ancaman, strategi

Abstract

 

The purpose of this research were to identify the strength, weakness, oppurtunity, threat and  to know the result of analysis strategy of developing effort agroindustrise’i babi which  hasbeen in District Oebobo in Kupang City.This research was conduct by some steps with analysis tools which used were input step to identify the factor  internal, eksternal of environment by use the matrics  IFE and EFE. Verification step used SWOT matrics, and decision step used QSPM  matrics.Resultaccount of IFE matrics get score about 2,606 with prominent superiority of company was quality of product (score 0,284) and prominent lack of company was capacity of production still limited (score 0,133). The result of EFE matrics get score about 2,75 with prominent oppurtunity is high consumer loyalty to products ( score 0,299) and prominent threat is increase of inflation ( score 0,275).Result of SWOT analysis produce about eleven alternatif strategies. Based of the result QSPM analysis of eleven strategy alternatif, there was one strategy alternatif which priority is to increase the quantity and quality of product se’i babi with score TAS about 6,116.

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini yaitu Mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dan mengetahui hasil analisis strategi pengembangan usaha agroindustri se’i babi yang tersebar di Kecamatan Oebobo, Kota Kupang. Penelitian ini dilakukan melalui beberapa tahapan dengan alat analisis yang dipakai yakni tahap input mengidentifikasi faktor lingkungan internal eksternal menggunakan matrik IFE dan  matrik (EFE). Tahap pencocokan menggunakan matriks SWOT, dan tahap keputusan menggunakan matrik QSPM. Hasil perhitungan dengan matrik IFE diperoleh total skor sebesar 2,606 dengan kekuatan utama perusahaan adalah produk berkualitas (skor 0,284) dan kelemahan utama perusahaan adalah kapasitas produksi masih terbatas (skor 0,133). Hasil perhitungan matrik EFE diperoleh total skor sebesar 2,75 dengan peluang utama yakni tingginya loyalitas konsumen terhadap produk (skor 0,299) dan ancaman utama yakni ancaman naiknya inflasi (skor 0,275). Hasil analisis SWOT menghasilkan sebelas strategi alternatif. Berdasarkan hasil analisis QSPM, dari sebelas alternatif strategi yang ada terdapat satu alternatif strategi yang diperioritaskan yakni meningkatkan kuantitas dan kualitas produk se’i babi dengan skor TAS sebesar 6,116.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afrilita N. 2013. Analisis SWOT dalam menentukan strategi pemasaran sepeda motor pada PT. Samekarindo Indah di Samarinda. eJurnal administrasi Bisnis 1 (1): 56-70.
David. 2010.Manajemen Strategis. Edisi Keduabelas, Buku Satu. Jakarta: Salemba Empat.
Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Kupang 2016. Data Rumah Makan Spesial Hidangan Se’i babi Dalam Wilayah Kota Kupang.
Oktaviani. 2013. Analisis strategi bisnis PT. XYZ dengan menggunakan analisis SWOT. UG Jurnal 5 (12) 1-11 : 60-70.
Purwandari S. 2015. Analisis QSPM sebagai landasan menentukan strategi pemasaran pada SMK Citra Medika Sukoharjo. Jurnal Sainstech 1 (3) 1-9 : 2355-5009
Puspitari NB, Rumita R, Pratama GY. 2013. Pemilihan strategi bisnis dengan menggunakan QSPM dan model maut (Studi kasus pada Sentra Industri Gerabah Kasongan, Bantul, Yogyakarta) Jurnal TI UNDIP 8 (3) 1-10: 171-180.
Rangkuti F. 2001. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Solihin U. 2014. Analisis strategi pemasaran dalam menghadapi persaingan usaha pada perusahaan kain dan sarung tenun ikat cap sinar barokah Kediri. Jurnal cendekia. 12 (3):1-6.
Wisnubroto P, Freitas JM. 2013. Strategi pemasaran guna meningkatkan volume penjualan dengan pendekatan technologi atlas project method. Jurnal teknologi 6 (2) 1-8: 161-168.

PlumX Metrics

Published
2017-12-31
How to Cite
Padu, H., Sogen, J., & Niron, S. (2017). STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA AGROINDUSTRI SE’I BABI (STUDI KASUS KECAMATAN OEBOBO, KOTA KUPANG). JURNAL NUKLEUS PETERNAKAN, 4(2), 121-129. https://doi.org/10.35508/nukleus.v4i2.821
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.