Pelatihan Program Aplikasi Teknik Bagi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Kota Kupang

  • Sri Kurniati Universitas Nusa Cendana
Keywords: SMK, Metode Simulasi, dan Program Software

Abstract

Masalah penyediaan tenaga teknik listrik bagi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam jumlah yang cukup dengan kualitas kecakapan yang memenuhi kebutuhan pasar dapat diatasi dengan memperbaiki kurikulum pendidikan dan metode pembelajarannya.  Teknologi yang tepat membutuhkan sarana yang lebih fleksibel, efisien dan dipercaya dapat diaplikasikan pada lapangan pekerjaan, hal ini tidak terlepas pada era komputerisasi untuk menganalisis maupun dalam hal merencanakan sistem tenaga listrik.  Tujun kegiatan ini adalah memberikan pelatihan program Matlab, PSPICE, LEAP, Power Station, ETAP, EMTP bagi guru SMK 2 Kota Kupang. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa para Guru SMK Negri II Kota Kupang dapat menyerap dan mengenal program aplikasi dengan baik. Selain itu, para guru mendapatkan skill baru mengenai pembelajaran Teknik berbasis program aplikasi teknik sebagai pengganti praktek di laboratorium. Semua program-program ini dapat digunakan dalam sistem pembelajaran di semua bidang teknik tenaga listrik seperti mata pelajaran, elektronika daya, instalasi listrik, teknik tegangan tinggi, perencanaan energi, analisis sistem tenaga listrik, mesin listrik, dan mata pelajaran lainnya. 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-17
How to Cite
Kurniati, S. (2020). Pelatihan Program Aplikasi Teknik Bagi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Kota Kupang. TEKMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Nusa Cendana, 1(1), 1 - 11. Retrieved from http://ejurnal.undana.ac.id/TekMas/article/view/3498

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.