PEMBUATAN SUMUR RESAPAN AIR HUJAN UNTUK KONSERVASI AIR TANAH KELURAHAN NAMOSAIN KOTA KUPANG

MAKING RAINWATER INFILTRATION WELLS FOR CONSERVATION GROUNDWATER CONSERVATION IN NAMOSAIN URBAN VILLAGE, KUPANG CITY

  • Paul G. Tamelan(1*)
    Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, FKIP, Universitas Nusa Cendana
  • Maximilian M. J. Kapa(2)
    Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Nusa Cendana
  • Doppy Roy Nendissa(3)
    Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: lahan kering, banjir, konservasi, sumur resapan

Abstract

Sumber daya air tanah adalah salah satu elemen terpenting dalam ekosistem kita. Air tanah menyediakan air minum, mendukung pertanian, mengisi sungai, dan menopang flora dan fauna.  Di daerah lahan kering seperti Kelurahan Namosain Kota Kupang umumnya ditandai dengan curah hujan yang singkat, tetapi intensitasnya tinggi sehingga menimbulkan banjir dan genangan yang tinggi. Berlandaskan pada masalah tersebut maka perlu dicarikan solusi untuk menanggulangi terjadinya genangan air sekaligus sebagai upaya konservasi air yaitu melalui pembuatan sumur resapan. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengimplementasikan pembuatan sumur resapan di daerah yang sering terjadi genangan di lingkungan masyarakat Kelurahan Namosain, Kota Kupang. Implementasi program didahului dengan pengumpulan data, perancangan desain, Grup Diskusi terarah, pembuatan sumur resapan, monitoring dan evaluasi. Hasil dari kegiatan ini adalah pembuatan prototipe satu buah sumur resapan dilingkungan salah satu halaman rumah warga. Monitoring dan evaluasi terhadap sumur resapan menunjukan warga peserta kegiatan dan pemerintah kelurahan Namosain Kota Kupang mendukung keberlanjutan program serta memahaminya sebagai upaya untuk mengatasi masalah limpahan air sekaligus sebagai upaya konservasi air.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2023-12-15
How to Cite
Tamelan, P., Kapa, M., & Nendissa, D. (2023). PEMBUATAN SUMUR RESAPAN AIR HUJAN UNTUK KONSERVASI AIR TANAH KELURAHAN NAMOSAIN KOTA KUPANG. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 40-45. Retrieved from https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/TekMas/article/view/14218
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.