BAKTI KAMPUS UNTUK GERAKAN PENGHIJAUAN DI DESA NEKMESE KECAMATAN AMARASI SELATAN KABUPATEN KUPANG

CAMPUS SERVICES FOR A GREETING MOVEMENT IN NEKMESE VILLAGE, AMARASI SOUTH DISTRICT, KUPANG REGENCY

  • Asrial Asrial Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, FKIP, Universitas Nusa Cendana
  • Jakobis Johanis Messakh Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, FKIP, Universitas Nusa Cendana
Keywords: air, konservasi, penghijauan, sumber air

Abstract

Desa Nekmese terletak di Kecamatan Amarasi Selatan, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).  Desa Nekmese memiliki sumber air bersih potensial yang dimanfaatkan masyarakat desa untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dan juga untuk kebutuhan pertanian. Sumber air ini perlu dijaga kelestariannya dimasa depan dengan adanya upaya penghijauan pada area sumber air, sebab jika tidak maka pada masa depan dikuatirkan akan terjadi degradasi air dan sumber air yang mengancam ketersediaan air di wilayah tersebut. Solusi yang ditawarkan adalah perlu dilakukannya gerakan penghijauan pada area sumber air yang dilakukan oleh pihak kampus bersama-sama dengan masyarakat desa. Jenis tanaman pohon yang akan ditanam adalah tanaman umur panjang dan tanaman produktif (buah) yang akan memberikan hasil kepada masyarakat di masa depan kelak. Program pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan akan berkontribusi sebagai berikut: (a) adanya contoh nyata kepada masyarakat untuk menjaga kelestarian lingkungan khususnya kelestarian air dan sumber air yang merupakan kebutuhan pokok sehari-hari. (b) terjaganya ketersediaan air bersih bagi masyarakat yang layak pada jangka panjang ke depan. Rencana luaran program ini adalah publikasi di media cetak/online, adanya peningkatan daya saing dan peningkatan penerapan iptek di masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-06-15
How to Cite
Asrial, A., & Messakh, J. (2022). BAKTI KAMPUS UNTUK GERAKAN PENGHIJAUAN DI DESA NEKMESE KECAMATAN AMARASI SELATAN KABUPATEN KUPANG. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 13-20. Retrieved from https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/TekMas/article/view/7434
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.