Pengalaman Komunikasi Kelompok

Kajian Fenomenologi pada Kelompok Pemuda Jemaat Pniel Sikumana

  • Prischa Cornelia Banunaek Prodi. Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Nusa Cendana Kupang
  • Liliweri Aloysius Prodi. Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Nusa Cendana Kupang
  • Yermia Dj. Manafe Prodi. Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Nusa Cendana Kupang
Keywords: Pengalaman Komunikasi Kelompok, Kelompok Pemuda, Teori Firo, Fenomenologi

Abstract

Kelompok merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia. Eksistensi kelompok cenderung mempengaruhi perilaku seseorang termasuk perilaku komunikasi yang pada gilirannya membentuk pengalaman komunikasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengalaman komunikasi kelompok mulai dari konformitas, fasilitasi sosial dan polarisasi. Adapun teori yang digunakan adalah Teori FIRO. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Informan dalam penelitian ini berjumlah 9 orang yang merupakan perwakilan dari tiap sub-kelompok yang tergabung dalam Kelompok Pemuda Jemaat Pniel Sikumana, Kupang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konformitas terjadi apabila adanya perbedaan status keanggotaan dalam kelompok. Sementara itu, fasilitasi sosial terjadi karena kelompok hadir sebagai media belajar untuk memberi motivasi bagi anggota untuk penguatan kapasitas. Pada sisi lain, tidak ditemukan polarisasi dalam kelompok Pemuda Jemaat Pniel Sikumana karena kelompok ini ternyata ditemukan lebih berani, kreatif, dan cukup inovatif menghadapi berbagai tantangan dalam berkelompok.

Published
2021-07-17
How to Cite
Banunaek, P., Aloysius, L., & Manafe, Y. (2021). Pengalaman Komunikasi Kelompok. Jurnal Communio : Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 10(2), 159–168. https://doi.org/10.35508/jikom.v10i2.3168
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.